Momen Sebelum, Saat, Hingga Sesudah Terbakarnya Orang Utan Kalimantan [Foto]

by
August 29th, 2012 at 10:02 am

CiriCara.com – Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa ada seekor orang utan yang terbakar akibat masuk ke pemukiman desa Wajok Hilir, Pontianak, Kalimantan Barat.

Menurut beberapa saksi mata, para warga desa tersebut tidak sengaja membakar orang utan yang berada di atas pepohonan di perkebunan milik warga. Penyebabnya, warga takut kalau hasil perkebunan mereka habis dimakan oleh orang utan ini.

Akhirnya, mereka mencoba menghalaunya dengan berbagai cara hingga memutuskan untuk mengusirnya dengan mengguankan asap, yaitu dengan membakar pohon di perkebunan tersebut. Sayangnya, api yang sengaja disulut itu, malah membakar hewan primata ini.

Berikut beberapa foto-foto naas peristiwa tersebut

Jessica Wuysang/Barcroft/Daily Mail

Orang utan dewasa ini bermain di pepohonan yang ada di perkebunan warga desa Wajok Hilir. Diduga habitatnya terganggu sehingga ia mencari makan hingga ke perkebunan warga.

Jessica Wuysang/Barcroft/Daily Mail

Foto di atas menunjukan hewan primata ini sedang asyik berayun dari pohon yang satu ke pohon yang lainnya

Jessica Wuysang/Barcroft/Daily Mail

Orang utan ini juga bertengger di puncak pohon kelapa milik warga desa tersebut. Hal ini yang membuat warga khawatir. Mereka takut kalau orang utan tersebut akan menghabiskan seluruh hasil perkebunan mereka, atau mungkin saja, merusaknya.

Jessica Wuysang/Barcroft/Daily Mail

Warga pun kehabisan akal untuk menghalau orang utan yang dianggap sebagai pengganggu ini. Akhirnya, mereka membakar pohon tersebut dengan harapan orang utan itu berhasil dilumpuhkan dengan asap yang timbul akibat pembakaran pohon.

AFP/Getty Images

Alih-alih menghalau orang utan itu dengan asap, justru hewan primata ini ikut terbakar bersama pohon tersebut.

AFP/Getty Images

Akhirnya, tim penyelamat datang untuk mengevakuasi orang utan tersebut. Menurut para petugas, diharapkan luka bakar pada orang utan ini akan sembuh dalam waktu kurang lebih 4 hari.

Peristiwa orang utan terbakar ini, baru pertama kali terjadi. Sebelumnya, tidak pernah ada kasus tragis yang menimpa hewan langka yang dilindungi ini. (yk)

Daily Mail

Comment di sini