Robot Berjoget Dengan Smartphone Android [Video]

by
August 29th, 2012 at 10:59 am

Jakarta (CiriCara.com) - Jika Anda menyukai robot dan smartphone Android, sepertinya BERO bisa menjadi produk teknologi yang paling Anda impikan. Robot ini diprogram dan didesain untuk menemani dan menghibur dengan kontrol menggunakan aplikasi berbasis Android.

Ide brilian BERO pada dasarnya terinspirasi dari Google Bug Droid, sebuah robot open source yang bisa diaktifkan dengan menggunakan perintah suara. Robot yang diperkenalkan pada pameran Maker Faire ini juga diprogram untuk bereaksi saat smartphone Android mendapat notifikasi. Bedanya, BERO telah dilengkapi dengan beberapa fitur lain. Sedangkan nama BERO merupakan akronim dari “Be the Robot”.

Kemampuan BERO yang menarik adalah memutar lagu kesukaan Anda sambil menari dengan gerakan yang mirip dengan manusia seperti anggukan kepala, ayunan lengan, atau gerakan ke kiri dan ke kanan. Headphone yang melengkapi bagian kepala BERO juga berfungsi sebagai “sensor” agar ia bisa menyesuaikan gerakan dengan ketukan (beat) dari lagu yang sedang diputar.

Untuk bermobilisasi, BERO dilengkapi dengan pemancar infrared sebagai navigasi yang memungkinkannya mendeteksi benda-benda atau halangan yang berjarak 3-5 inchi dari sisi kiri, kanan, dan depannya. Pemancar tersebut juga membuat BERO mampu berinteraksi dengan pemiliknya.

Proyek ini diluncurkan hari ini, Rabu, 29 Agustus atau Selasa (28/8) waktu Amerika di mana BERO mulai diperkenalkan lewat Kickstarter. Saat peluncuran tersebut, BERO muncul dengan berbagai pilihan mulai dari model kecil yang hanya menjadi pajangan di meja hingga BERO dengan fitur dan fungsi penuh.

Untuk sementara, BERO hanya didesain untuk smartphone atau tablet Android, namun akan segera dikembangkan agar bisa beroperasi dengan kontrol dari aplikasi iOS. Meski belum diketahui harganya, robot ini direncanakan untuk mulai dijual akhir November 2013. (dd)

Comment di sini