CiriCara: 7 Cara Berpakaian yang Berakibat Buruk pada Kesehatan

by
August 30th, 2012 at 4:06 pm

CiriCara.com – Tahukah Anda kalau cara berpakaian yang tidak benar dapat mengganggu kesehatan tubuh? Beberapa sumber mengatakan hal senada setelah banyaknya kasus kesehatan yang disebabkan hanya karena kebiasaan menggunakan pakaian yang terlalu ketat, sepatu hak tinggi, dll.

Ingin tahu, cara berpakaian seperti apa saja yang dapat mengarah pada gangguan kesehatan? Simak 7 cara berpakaian salah di bawah ini.

1. Sepatu hak tinggi

Hampir sebagian besar orang sudah mengetahui kebenaran tentang akibat buruk yang dapat ditimbulkan karena terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan peradangan pada pergelangan kaki, matinya beberapa tulang kaki karena kurangnya sirkulasi darah, serta cedera pada saraf di sekitar tumit dan kaki.

2. Sepatu datar/teplek

Banyak orang mengira bahwa sepatu tanpa hak atau yang sering disebut pula dengan sepatu teplek ternyata juga memiliki akibat buruk. Sepatu teplek ini cenderung dirancang dengan menggunakan sol sepatu yang sangat tipis. Hal ini membuat bagian telapak kaki dan bentuk kaki tidak terjaga dengan baik. Akibatnya, para pengguna sepatu teplek dalam durasi yang cukup sering dan lama akan mengalami peradangan jaringan pada bagian bawah kaki.

3. Korset pelangsing

Korset pelangsing tidak seharusnya dikenakan terlalu sering. Jika Anda hanya menggunakannya saat ingin pergi ke pesta karena harus pakai kebaya atau gaun, itu tidak terlalu menjadi masalah. Namun, apabila penggunaan korset pelangsing ini dilakukan hampir setiap hari, maka saraf pada bagian perut mengalami penekanan yang berlebihan, yang nantinya akan berpengaruh pada sistem pencernaan di dalamnya.

4. Celana jeans ketat

Hal yang sama juga akan muncul jika Anda terlalu sering menggunakan celana jeans yang terlalu ketat. Celana jeans yang terlalu ketat dapat mengakibatkan penekanan berlebihan pada saraf pencernaan sehingga proses pencernaan pun akan terganggu.

5. Kemeja dan dasi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, sebagian besar pria senang menggunakan kemeja dengan kerah yang sempit, dan ditambah lagi dengan menggunakan dasi yang diikat terlalu menekan bagian batang leher. Menurut ahli kesehatan, hal ini akan membuat aliran udara ke otak berkurang. Selain itu, ketatnya kerah kemeja dapat meningkatkan tekanan cairan pada mata yang dapat mengakibatkan kebutaan.

6. Celana dalam pria

Para pria juga tidak disarankan untuk menggunakan celana dalam yang terlalu ketat. Hal ini akan berakibat buruk pada tingkat kesuburan pada pria karena produksi sperma akan berkurang atau bahkan menjadi tidak sehat.

7. Bra

Ukuran bra wanita yang tidak tepat juga dapat menjadi pengganggu kesehatan. Wanita harus menggunakan bra dengan ukuran yang tepat demi menjaga bentuk sekaligus kesehatan payudara. Sebaiknya, bra yang digunakan setiap hari tidak boleh terlalu longgar dan terlalu kencang. Itulah sebabnya Anda harus memperhatikan tips memilih bra yang benar.

Ketujuh cara berpakaian yang salah di atas dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi, mulai sekarang sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan pakaian. (yk)

Comment di sini