CiriCara: Cara Gampang Meminjam Uang dari Bank

by
August 30th, 2012 at 1:09 pm

CiriCara.com – Sebenarnya, persyaratan mengajukan pinjaman di bank tidaklah serumit yang diperkirakan orang. Namun, tentunya Anda harus melengkapi berbagai data yang lebih banyak dibanding ketika membuka tabungan. Wajar saja bila bank membutuhkan data-data tersebut karena pihak bank tidak ingin ditipu.

Bukan hanya pihak bank, Anda sendiripun pasti sangat berhati-hati bila hendak meminjamkan uang kepada orang lain. Misalnya, Anda menanyakan untuk keperluan apa uang itu dipinjam. Untuk Anda yang ingin meminjam uang sebagai modal usaha, perlu mengetahui beberapa tips ini agar dapat disetuji oleh pihak bank. Berikut tipsnya:

1. Harus bisa meyakinkan pihak bank

Apabila  ingin meminjam uang di bank, maka Anda harus bisa meyakinkan pihak bank tersebut. Misalnya, informasikan kepada pihak bank mengenai alasan Anda untuk meminjam uang darinya. Berikan alasan-alasan yang kemungkinan bisa disetujui, seperti untuk membuka usaha.

2. Harus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan

Selain bisa meyakinkan pihak bank, sebagai pebisnis Anda juga harus menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan bank. Dokumen tersebut, seperti fotokopi proyeksi cash flow dan proyeksi laporan keuangan untuk 3 tahun ke depan.

3. Siapkan jawaban tepat

Sebagai peminjam, Anda harus teliti dan siap dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan bank agar pinjaman uang disetujui. Jika Anda siap dengan hal itu, maka bisa mendapatkan peluang empat kali lebih besar. Untuk itu, siapkan jawaban yang tepat dan tunjukkanlah bukti-bukti kepada pihak bank, seperti perencanaan mengenai bisnis yang akan Anda mulai.

Berbagai pertanyaan yang diajukan, seperti berapa banyak dana yang dibutuhkan, berapa lama Anda membutuhkan dana, dan kapan Anda bisa mengembalikan uang tersebut dan dan pertanyaan itu bisa dijawab dengan proyeksi cash flow dan perencanaan bisnis yang Anda miliki. Jelaskan secara detail mengenai penggunaan dana tersebut dan terangkan bahwa bisnis yang Anda jalankan bisa memberikan keuntungan jangka panjang dan berisiko kecil.

4. Tunjukkan jiwa pebisnis

Tampilkan diri Anda sebagai pebisnis yang bisa mengembalikan uang yang dipinjam. Tonjolkan citra yang baik dengan memberikan benda-benda promosi bisnis, seperti brosur, artikel, press release, dan lain sebagainya kepada pihak bank.

5. Jangan berlebihan mengisi permohonan pinjaman

Disarankan agar Anda tidak memberikan keterangan palsu ketika mengajukan permohonan karena pihak bank bisa dengan mudah mengecek fakta dari permohonan Anda. Luangkan waktu untuk melakukan riset sehingga mampu memberikan keterangan yang masuk akal.

6. Siapkan dokumen dengan rapi

Pastikan dokumen-dokumen yang akan diberikan kepada pihak bank teratur rapi, dapat dibaca, dan tersusun dalam kesatuan yang menarik. Hindari memberikan dokumen dengan menggunakan tulisan tangan karena terlihat tidak profesional. Selain itu, berikan juga surat pengantar.

7. Jangan mendesak pihak bank

Hindari perbuatan mendesak pihak bank karena akan berakibat penolakan. Pihak bank tidak akan membuat keputusan sebelum Anda melengkapi keseluruhan dokumen. Untuk menjamin cepatnya dana itu cair, pastikan bahwa dokumen permohonan yang diajukan sudah lengkap semua.

8.  Percaya diri

Bersikap percaya diri sangat mendukung Anda untuk memperoleh pinjaman. Tunjukkan Anda bisa sukses dengan uang dengan uang pinjaman bank. Visualisasikan pikiran Anda dengan hasil positif dari pinjaman yanhg diberikan tersebut.

9. Diskusikan risiko bisnis

Dalam setiap bisnis, pasti memiliki risiko. Untuk itu, diskusikanlah dengan pihak bank mengenai risiko yang akan Anda dapat. Pihak bank hanya ingin mengetahui bagaimana Anda mengatasi risiko bila bisnis gagal dan bagaimana Anda mengatasi bila bisnis itu sukses.

Berbagai tips di atas bisa Anda terapkan bila Anda ingin mendapatkan pinjaman uang dari bank. Apabila salah satu bank ada yang tidak menyetujui, makan cobalah mencari bank lain. Perlu diingat juga bahwa pihak bank lebih suka meminjamkan uang kepada bisnis yang berisiko kecil. (NR)