CiriCara: Cara Mengetahui Kecepatan Akses Internet

by
August 30th, 2012 at 9:38 am

Jakarta (CiriCara.com) – Ketika sedang asyik berselancar di dunia maya, ada kalanya kita terganggu oleh lemahnya koneksi internet. Dalam keadaan ini, rasa penasaran muncul. Apa yang menyebabkan koneksi kita menjadi lambat? Jawabannya banyak, bisa dari perangkat komputer, server dari situs yang sedang dikunjungi, atau koneksi internet yang memang kurang mumpuni.

Sebelum memvonis bahwa komputer Anda rusak, langkah paling awal yang harus dilakukan adalah mengetes seberapa cepat koneksi internet yang sedang digunakan. Bagaimana caranya? Mudah. Ada banyak situs yang menyediakan jasa ini dengan gratis, salah satu yang populer adalah www.speedtest.net. Kunjungi situs tersebut lalu tunggu sampai lamannya menampilkan gambar berikut:

Langkah berikutnya, klik tulisan “BEGIN TEST” dan mereka akan mulai menganalisa kecepatan internet yang sedang Anda gunakan. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini.

Ada tiga hal utama yang dinilai dalam test kecepatan internet. Pertama adalah PING, contoh di atas 38 ms (millisecond). Ping merupakan ukuran berapa lama kita mendapat respon dari server yang dikunjungi. Semakin kecil angkanya, berarti semakin cepat koneksi Anda.

Kedua adalah Download Speed atau kecepatan download dan yang ketiga Upload Speed. Dalam bahasa Indonesia, download diterjemahkan dengan kata “unduh”, sedangkan upload diterjemahkan menjadi “unggah”. Mengunduh (download) berarti menerima atau “mengambil” data dari website tujuan kita, sedangkan mengunggah (upload) sebaliknya yaitu mengirim data — yang umumnya berbentuk permintaan (request).

Semakin besar kecepatan Download dan Upload, semakin kita nyaman beraktivitas di dunia maya. Contoh di atas menunjukkan Download Speed 1.94 Mbps dan Upload Speed 0.36 Mbps. Bukan termasuk koneksi “dewa” yang cepat, tapi tidak mengecewakan untuk bekerja.

Masih penasaran dengan hasil tes? Anda bisa menguji kecepatan internet di situs lain seperti Speedtest CBN, Speakeasy, atau dari Indosat. Jika masih kurang puas dengan koneksi Anda, sebaiknya segera cari penyedia (provider) internet lain. (dd)

Comment di sini