CiriCara: Inilah 5 Cara Mengatasi Varises

by
August 30th, 2012 at 4:59 pm


CiriCara.comVarises menjadi momok yang mengerikan bagi setiap wanita. Tidak ada wanita yang mau memiliki varises pada tubuhnya, apalagi pada bagian kaki yang indah. Namun, varises merupakan hal yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Sebenarnya, varises adalah guratan urat-urat yang menonjol pada bagian bawa permukaan kulit. Umumnya, varises sering tampak pada lekukan belakang lutut.

Varises itu sendiri disebabkan oleh kurangnya keelastisan dinding pembuluh darah vena pada bagian-bagian tubuh tertentu sehingga menyebabkan pembuluh darah itu tidak mampu berfungsi dengan baik untuk mengalirkan darah dan sisa-sisa metabolisme tubuh.

Berikut ini ada 5 cara yang dapat membantu Anda mengatasi varises.

1. Hindari makanan mengandung sodium dan glukosa

Dalam hal untuk mengurangi varises, Anda hanya perlu menjaga asupan sodium dan glukosa dalam tubuh. Hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung sodium dan glukosa. Menurut beberapa sumber, kedua zat kimia tersebut selain dapat memicu kolesterol, darah tinggi dan diabetes, ternyata juga dapat menyebabkan munculnya varises.

2. Perbanyak makan sayuran dan buah

Buah dan sayur adalah jenis makanan netral yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu cara untuk menghilangkan varises pada tubuh, Anda harus mengonsumsi banyak serat. Serat itu paling banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayur-mayur. Selain itu, lada hitam dan makanan pedas yang mengandung cabai harus dihindari ketika urat-urat pada kaki atau bagian tubuh lain sedang meradang.

3. Jangan terlalu lama berdiri

Intensitas waktu berdiri yang cukup lama setiap harinya dapat memicu munculnya varises pada kaki. Jika Anda merasa sudah terlalu lama berdiri, sebaiknya sering-seringlah ubah posisi berdiri Anda. Dengan demikian, urat-urat pada kaki tidak tegang terus-menerus. Cara lain yang dapat Anda lakukan setelah berdiri terlalu lama adalah melakukan peregangan dengan duduk sambil kedua kaki diluruskan dan digerak-gerakan dengan santai.

4. Kurangilah penggunaan high-heels (sepatu hak tinggi).

Sering menggunakan high heels adalah penyebab utama mengapa peredaran darah di bagian betis dan lekukan lutut menjadi tidak lancar. Penyebabnya adalah sirkulasi darah terhambat pada bagian tersebut, saat kaki dan tumit harus bekerja ekstra menopang berat badan tubuh di atas sepatu berhak tinggi yang lancip. Oleh sebab itu, kurangilah penggunaan sepatu berhak tinggi jika ingin varises di kaki Anda juga berkurang.

5. Perbanyaklah olahraga

Olahraga rutin dapat membantu memperlancar peredaran darah dan sirkulasi dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga keelastisan pembuluh vena, urat, dan otot-otot lainnya pada tubuh, sehingga tidak ada pembuluh darah vena yang tidak elastis untuk mengedarkan darah.

Demikianlah penjelasan kelima langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah varises pada tubuh, khususnya bagian betis dan kaki. (yk)

Comment di sini