Festival Perang Tomat Oleh Warga Spanyol [Video]

by
August 30th, 2012 at 10:22 am

EPA/MANUEL BRUQUE

Bunol (CiriCara.com) – Sebuah kota kecil di Spanyol, Bunol menjadi tempat berlangsungnya perang tomat besar-besaran. Perang dengan menggunakan tomat beberapa truk diberi nama Tomatina.

Pada hari Rabu (29/08/12), puluhan ribu orang berkumpul di aula kota Bunol yang dapat menampung sekitar 40.000 orang. Semuanya siap untuk melempari sesamanya dengan menggunakan berton-ton tomat yang sudah disediakan. Seluruh warga Spanyol ataupun para turis asing yang berpartisipasi siap untuk mengubah kota Bunol ini menjadi lautan merah dengan sampah tomat dalam perang tersebut.

Festival perang tomat ini sudah menjadi acara tahunan yang diadakan di Spanyol. Rupanya, perang tomat besar-besaran ini berawal dari perang sayur-sayuran yang dilakukan oleh sekelompok anak-anak kecil yang hidup pada pertengahan tahun 1940-an, di dekat alun-alun kota.

Mereka mengorbankan bahan makanan yang terdiri dari berbagai jenis sayuran, salah satunya tomat, untuk dilemparkan kepada kelompok lain. Kemudian, perang ini berlangsung lagi pada keesokan harinya. Lambat laun, perang tersebut berkembang menjadi perang tomat yang diadakan setiap tahunnya di Spanyol.

Uniknya, bukan hanya kota Bunol di Spanyol yang mempunyai acara tahunan perang tomat seperti ini, tetapi kota Bogota di Kolombia pun juga suka melakukan perang tomat tersebut.

Berikut ini adalah cuplikan video ketika perang tomat itu berlangsung.

(yk)

Telegraph

Comment di sini