Orang Stres di Jakarta Selatan Naik 50 Persen

by
August 30th, 2012 at 10:53 am

Ilustrasi

Jakarta (CiriCara.com) – Penderita stres di Jakarta Selatan saat ini semakin banyak saja. Dari jumlah penderita stres yang dijaring Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan naik 50 persen dalam kurun waktu 2010 sampai 2012. Akibatnya Panti Bina Laras harus menampung pasien melebihi kapasitas.

Kepala Seksi dan Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda, membenarkan bahwa Panti Bina Laras sudah kelebihan pasien. Tapi, ia mengklaim pihaknya masih bisa menangani masalah tersebut. “Terbengkalai tapi bisa ditangani,” katanya seperti dikutip Tempo.

Setiap tahunnya, Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan selalu melakukan penjaringan warga penderita stres. Setelah dijaring, penderita akan dirawat dan direhabilitasi untuk sembuh di Panti Bina Laras. Karena jumlah penderita stres terus meningkat, maka Panti Bina Laras sering kebanjiran pasien.

Bahkan, keempat Panti Bina Laras yang ada di Cengkareng, Daan Mogot, Cipayung, dan Ceger saat ini telah kelebihan kapasitas. Di Cengkareng, kapasitas Panti hanya 500 orang, tapi dihuni 750 orang. Di Daan Mogot, kapasitas Panti 200 orang, tapi dihuni 350 orang.

Sementara di Ceger dan Cipayung, kapasitas masing-masing panti 350 orang. Tapi kedua Panti tersebut dihuni 600 orang. Beruntung, saat ini Panti Bina Laras masih sering menerima bantuan dari relawan. Jadi petugas panti tidak terlalu kerepotan.

Seperti yang dilansir Tempo, pada 2010, jumlah penderita stres mencapai 67 orang. Tahun 2011 jumlah penderita meningkat menjadi 133 orang. Untuk 2012 sampai Agustus, jumlah orang stres yang terjaring mencapai 89 orang. Jumlah orang stres di 2012 diperkirakan akan bertambah hingga akhir tahun.

(YG)

Comment di sini