Syarat dan Cara Mudah Untuk Mendapatkan KPR dari Bank

by

CiriCara.com – Memiliki rumah merupakan impian bagi banyak orang. Fungsi rumah itu sendiri yaitu untuk mewujudkan indahnya kehidupan dalam berkeluarga dan menyatukan antaranggota keluarga.

Pada masa kecil, pastinya Anda merasa nyaman berada di rumah sendiri dibanding rumah orang lain. Untuk dapat memiliki rumah, sebenarnya ada berbagai cara untuk memperolehnya, seperti mendapatkan rumah warisan, membeli tunai, dan membeli secara diangsur. Namun, untuk membeli rumah dengan cara diangsur dapat dilakukan dengan cara kredit pada pihak bank.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank bisa diperoleh apabila Anda memiliki syarat-syarat yang dikutip dari Rumah.com berikut ini:

Dokumen standar:

  • Fotokopi KTP,
  • Akta nikah atau cerai,
  • Kartu keluarga, dan
  • Dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB).

Dokumen bagi karyawan:

  • Slip gaji,
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan, serta
  • Buku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan tiga bulan terakhir.

Dkumen tambahan bagi pengusaha/wiraswasta:

  • Bukti transaksi keuangan usaha,
  • Catatan rekening bank,
  • NPWP,
  • SIUP,
  • Surat izin usaha lain, seperti surat izin praktik untuk dokter, dan
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Setelah syarat-syarat tersebut Anda sudah miliki, tentunya Anda juga harus mengetahui cara agar memperoleh KPR dari pihak bank untuk memuaskan Anda memiliki rumah idaman. Berikut caranya:

1. Lakukan survei

Anda harus terlebih dahulu mengetahui kondisi, status, keberadaan rumah yang akan dibeli beserta harga-harga baik tunai ataupun cicilan yang ada di daerah yang ingin kita buat menjadi KPR. Carilah informasi sebanyak-banyaknya bank mana yang cocok bagi Anda, baik terkait suku bunga dan lain sebagainya.

Pilih bank yang memberikan keringanan untuk mencicil uang muka, karena sebagian orang mungkin merasa berat untuk menyediakan uang sejumlah 30% dari nilai rumah tersebut sebagai uang muka. Selain itu, sistem bunga juga harus diperhatikan, apakah sudah baku atau bisa berubah dalam jangka waktu tertentu.

2. Bertanya dengan orang yang lebih tahu

Jangan malu bertanya kepada orang yang lebih tahu mengenai hal ini, tujuannya adalah agar bisa membandingkan bank mana yang cocok dengan Anda, karena setiap bank memiliki fasilitas dan promosi yang berbeda. Bagi Anda Pegawai Negeri Sipil, TNI atau POLRI biasanya ada bank yang telah bekerjasama dengan instansi tempat Anda bekerja.

Fasilitas yang diberikan pihak bank, misalnya subsidi uang muka. Dengan begitu akan meringankan biaya Anda. Bank nantinya akan menyeleksi pihak-pihak yang mengajukan KPR dan developer (pengembang) yang membangun rumah atau perumahan. Pihak bank akan memberikan KPR kepada orang yang mampu dari segi penghasilan.

3. Melengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan

Berikan data-data yang lengkap sesuai dengan syarat-syarat yang sudah dijelaskan di atas, gunanya agar mempercepat proses persetujuan dan pencairan KPR Anda. Mintalah nomor telepon dari salah satu analis yang melakukan survei dan wawancara terhadap Anda untuk menanyakan hasil persetujuannya, lalu hubungi ia tiga hari kemudian.

Bila disetujui, Anda dapat membayarkan uang muka pembelian rumah ke pengembang atau yang membangun rumah dengan nilai 25% hingga 40%. Setelah itu tunggu sampai SPKK (Surat Persetujuan Perjanjian Kredit) keluar. Jangan lupa memakai jasa notaris untuk mengurus sertifikat walaupun sertifikat itu masih ditahan pihak bank sampai cicilan Anda lunas.

Saat ini KPR telah berkembang, tidak hanya membeli rumah, namun bisa juga untuk membangun rumah dan merenovasi rumah. (NR)


comments powered by Disqus