Arkeolog Israel Temukan Patung Berusia 9000 Tahun, Lebih Tua dari Nabi Musa [Foto]

by
September 3rd, 2012 at 2:01 pm

AP/Daily Mail

CiriCara.com – Benda-benda antik zaman pra-sejarah kembali ditemukan. Kali ini para arkeolog Israel berhasil menemukan patung bersejarah berbentuk hewan.

Ketika mereka sedang melakukan penggalian di sepanjang jalan tol baru, kelompok arkeolog Israel ini menemukan patung-patung hewan yang diduga memiliki panjang sekitar 15 cm, dan berumur 9.000 tahun silam. Lokasi penggalian yang dipimpin oleh Hamoud Khalaiy, tepatnya berada beberapa meter di sebelah utara Yerusalem.

Uniknya lagi, menurut hasil pengamatan mereka, patung-patung hewan ini sudah dibuat ribuan tahun sebelum zaman nabi Musa.

Menurut para arkeolog, patung hewan batu ini dibuat oleh manusia purba yang hidup di peradaban Zaman batu sebagai jimat untuk berburu. Oleh sebab itu, patung-patung batu yang terbuat dari batu kapur dan dolomit ini berbentuk hewan seperti kambing jantan bertanduk, dan lembu.

Para arkeolog ini menduga bahwa patung-patung hewan tersebut sudah berumur 9.000 hingga 9.500 tahun silam. Masa-masa itu dikenal sebagai masa Pra-tembikar Neolitik B.

Hamoud Khalaiy menyatakan bahwa pada masa itu terjadi banyak perubahan pada peradaban manusia, diantaranya adalah terjadinya perubahan bentuk manusia purba, dan peradaban manusia pada saat itu. Selain itu, periode waktu tersebut merupakan masa transisi dari gaya hidup nomaden (berburu dan mengumpulkan) menjadi hidup menetap (bertani dan beternak).

Itulah gambar kedua patung hewan yang ditemukan oleh kelompok arkeolog Israel. Patung-patung tersebut berumur ribuan tahun lebih tua dari Musa. Tidak diragukan lagi bahwa Bumi kita ini menyimpan banyak bukti nyata tentang adanya peradaban manusia purba. (yk)

Daily Mail

Comment di sini