CiriCara: 4 Cara Bijak dan Tepat Ikut Arisan

by
September 3rd, 2012 at 4:44 pm

CiriCara.com – Arisan adalah kegiatan yang tidak harus identik dengan kaum wanita. Arisan sudah menjadi trademark tersendiri bagi sekelompok orang dengan tujuan yang berbeda-beda.

Arisan keluarga misalnya, selain sebagai ajang silaturahmi dan bersosialisasi dalam waktu tertentu, arisan juga merupakan sarana yang tepat untuk “meminjamkan” uang kepada setiap anggota. Namun, masih ada saja banyak kasus dimana seseorang terbelit utang lantaran tidak bisa membayar kembali iuran arisan bulanannya.

Nah, untuk menghindari hal ini ada beberapa cara yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk mengikuti arisan. Apa saja?

1. Anggaplah arisan sebagai sarana untuk bersosialisasi

Pada umumnya, arisan adalah sarana beberapa orang yang saling dekat untuk berkumpul, berbagi dan bertemu dalam jangka waktu yang telah ditentukan, misalnya sebulan sekali. Dengan menganggap bahwa arisan adalah saran untuk berkumpul dan bersosialisasi maka pemikiran tentang uang dan utang yang harus dibayar menjadi berkurang.

2. Jangan termotivasi pada hadiah saja

Bagi sebagian besar orang, mendapat hadiah pada awal arisan dimulai adalah hal yang menyenangkan. Namun, anggapan ini keliru sebab hadiah yang sebenarnya didapat adalah utang yang harus dibayar secara berjangka hingga arisan berakhir. Hadiah yang berupa uang kadang membuat sebagian peserta lengah dan berhenti membayar arisan.

Ingat, arisan bukan sarana untuk pinjam meminjam uang saja sebab ada tempat lain yang lebih tepat seperti bank, koperasi dan lainnya.

3. Pastikan Anda sanggup membayar uang arisan

Kapanpun arisan ditentukan baik seminggu sekali, sebulan sekali dan sebagainya, Anda harus sanggup membayar uang yang telah disepakati bersama di awal arisan. Menunda-nunda pembayaran uang arisan dapat mengakibatkan utang menumpuk.

4. Jangan pernah absen arisan!

Seperti yang telah dinyatakan di atas, absen dari arisan setelah mendapat undian atau hadiah hanya akan membuat hutang semakin banyak dan Anda tidak akan dipercayai lagi oleh lingkungan sekitar.

Bila keempat hal di atas Anda terapkan dengan baik, niscaya arisan bukan sebuah “halangan bulanan” yang mewajibkan para peserta arisan  mengeluarkan sejumlah uang dengan paksaan dan tekanan. (RN)

Comment di sini