CiriCara: Ciri-ciri Orang Munafik

by
September 3rd, 2012 at 2:47 pm

CiriCara.com – Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita pernah mendengar kata “munafik” yang diucapkan orang. Kata munafik ini ditujukan pada mereka yang telah melakukan hal yang buruk. Namun, tidak semua orang bisa disebut sebagai orang yang munafik.

Belakangan ini banyak yang memakai kata munafik, namun dalam penempatan yang salah. Pengetahuan yang kurang sering menyebabkan kesalahan tersebut. Karenanya, kenalilah ciri-ciri orang munafik berikut ini:

1. Berdusta atau bohong

Orang munafik adalah orang yang selalu berkata dusta atau bohong pada orang lain. Perkataannya tidak bisa dipercaya karena semua yang dikatakannya berbeda dari kenyataan. Mereka yang suka berbohong demi keuntungan sendiri adalah orang munafik.

2. Suka ingkar janji

Orang yang munafik adalah orang yang suka ingkar janji. Apabila ada orang yang berjanji namun tidak menepati janjinya, itu adalah tanda kalau dia munafik. Terlebih lagi jika ingkar janji itu dilakukannya setiap kali dia berjanji. Jangan sampai terjebak dengan orang seperti ini karena hanya akan buat kecewa.

3. Bersumpah palsu

Ciri orang munafik adalah suka bersumpah palsu. Orang munafik biasanya akan bersumpah palsu untuk menutupi kesalahan yang pernah mereka perbuat. Sumpah palsu ini berasal dari kebiasaan bohongnya. Jika tidak ingin jadi orang munafik, maka jangan pernah berani berbohong.

4. Menyebar berita bohong

Ciri orang munafik adalah suka menyebar berita bohong untuk membuat kehebohan. Biasanya orang munafik sangat suka membesar-besarkan kesalahan orang lain tapi menutupi kesalahannya. Saat orang lain melakukan kesalahan, dia langsung menyebarkannya hingga menjadi berita heboh.

5. Senang di atas penderitaan orang lain

Ciri orang munafik adalah senang melihat orang susah, susah bila melihat orang lain senang. Orang munafik akan terlihat sedih saat melihat orang lain susah, tapi dalam hatinya dia tertawa. Sifat ini biasanya erat dengan sifat iri hati. Jika tidak ingin jadi munafik, buanglah sifat iri hati itu.

6. Melakukan korupsi

Ciri orang yang munafik adalah berkhianat. Salah satu perbuatan yang khianat adalah melakukan tindak pidana korupsi. Menggelapkan uang rakyat untuk kepentingan sendiri adalah salah satu contoh nyata dari pengkhianatan terhadap orang banyak. Kepercayaan rakyat dibalas dengan penghianatan. Munafik!

Itulah beberapa ciri-ciri dari orang munafik secara umum. Jika kamu melihat orang dengan ciri tersebut, sebaiknya berhati-hatilah. Karena berdekatan dengan orang munafik bisa menimbulkan fitnah dan juga hal yang negatif untuk kamu. (YG)

Comment di sini