Facebook Akan Hapus “Penggemar” Palsu

by
September 3rd, 2012 at 9:51 am

Jakarta (CiriCara.com)Facebook berencana untuk menghapus “penggemar” palsu yang mencurigakan dari sebuah laman Facebook. Mereka berpendapat bahwa penggemar atau like palsu tersebut dapat “menipu” penilaian pengguna atau konsumen.

Jumlah like pada sebuah Facebook Fan Page ditujukan untuk menggambarkan berapa banyak orang yang menggemari sebuah bisnis, seniman, pribadi, atau bahkan sebuah ide– misal, gerakan koin peduli prita. Namun, seiring dengan banyaknya jumlah pengguna palsu, Facebook sebagai pengembang merasa tombol bergambar acungan jempol ini disalahgunakan sehingga merusak efisiensi serta esensi dari tujuan dibuatnya sebuah fan page.

Sayangnya, belum ada informasi jelas mengenai metode yang digunakan oleh Facebook untuk mendeteksi penggemar atau like palsu. Dalam sebuah catatan (note) yang diumumkan dalam halaman resmi Facebook Security, mereka hanya menginformasikan bahwa jumlah “penggemar palsu” yang dihapus tidak mencapai 1% dari keseluruhan penggemar.

Pada dasarnya, jumlah like dalam sebuah fan page sama seperti jumlah follower pada Twitter. Yang membedakan adalah Facebook peduli akan kualitas dari para penggemar. Sebelumnya telah dikabarkan bahwa mereka akan menghapus 83 juta penggunanya karena merupakan spammer, bot, atau akun facebook hasil pembajakan (hack). Sebuah perusahaan bernama Limited Run bahkan dilaporkan telah menghapus fan page mereka setelah menyadari bahwa 80% penggemarnya palsu.

Rebecca Greenfield dari The Atlantic Wire, dalam sebuah artikel yang dimuat Yahoo, berpendapat bahwa langkah ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap kredibilitas iklan di Facebook. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah. Namun, diluar hasil apakah usaha ini akan berpengaruh terhadap kredibilitas Facebook, langkah tersebut layak untuk diberi acungan jempol. Pasalnya, setidaknya mereka telah melakukan sesuatu sementara Twitter membiarkan jutaan follower palsu “menipu” pengguna mereka yang lain. (dd)

Comment di sini