IFA 2012: 5 Produk Dengan Nama Terburuk

by
September 3rd, 2012 at 5:07 pm

Hunter Skipworth / pocket-lint

Jakarta (CiriCara.com) - Mungkin tidak semua menyadari bahwa perusahaan teknologi, dibalik kehebatan membuat produk yang menakjubkan, sepertinya mengalami kesulitan untuk memberi nama produk-produk mereka. Mereka seperti memiliki kecenderungan untuk memberi nama yang merupakan gabungan angka serta abjad yang sulit dieja.

Bahkan perusahaan raksasa seperti Apple juga sempat membuat publik serta para pemerhati teknologi bertanya-tanya setelah secara mengejutkan menamai produk mereka The New iPad. Padahal, sebelumnya merilis iPad dan iPad II.

Tahun ini, banyak sekali produk baru yang diperkenalkan kepada publik dalam acara IFA 2012. Cnet melaporkan bahwa di antara semua produk, ada lima yang memiliki nama terburuk. Siapa saja mereka? simak daftarnya berikut ini:

1. Samsung Ativ Smart Pro

Nama ini sepertinya diambil karena takut konsumen yang bosan dengan penggunaan nama Galaxy, meskipun itu sederhana dan mudah diingat. Samsung mengatakan bahwa nama Ativ berasal dari kata Vita yang dibaca terbalik. Vita sendiri merupakan bahasa latin yang berarti “hidup”. Namun, Cnet menilai bukan begitu sebuah kata bekerja, karena kata Ativ membuat mereka –selaku pembicara asli bahasa inggris– mengalami kesulitan melafalkan kata tersebut. Mereka kebingungan apakah harus melafalkan “at-ivv”, “Ah-teev”, atau Ay-tiv”.

2. ZTE Grand X IN

Engadget

“Grand” merupakan nama yang bagus. Namun “Grand X” terdengar seperti julukan untuk seorang hacker jahat. Masalah utama ada di dua huruf terakhir “IN” yang merupakan singkatan dari Intel. Meskipun produk tersebut menggunakan prosesor intel, bukan berarti mereka harus menambahkan IN di akhir nama produknya. Masalahnya, dua huruf IN tersebut bukan merupakan nilai jual bagi pembeli.

“tidak ada konsumen yang berdiri di sebuah toko elektronik, melihat tanda di produk tersebut, dan merasa ada hubungan antara produsen prosesor dengan dua huruf besar,” ujar Luke Westaway dalam laporannya di Cnet.

3. Huawei MediaPad 10 FHD

Masalah dalam nama ini adalah penggunaan kata FHD. Anda bisa menebak apa arti FHD? ini berarti Full HD, karena tablet ini punya resolusi 1.920×1.200 piksel. Cobalah beli dan berikan tablet ini kepada orang yang Anda sayangi, kemudian ambil gambar dari reaksi mereka saat mendengar namanya (yang terdengar seperti memiliki gelar akademis).

4. Huawei Ascend D1 Quad XL

Nama ini mewakili semua teknologi yang dijejalkan di dalamnya. “Quad” menggambarkan prosesor “quad core” dan XL menggambarkan bukuran baterai yang lebih besar dari versi sebelumnya. Penamaan The New iPad cukup buruk, namun sepertinya lebih baik dari nama produk dari Huawei tersebut.

5. Sony KD-84X9005

Ini merupakan nama dari salah satu produk unggulan Sony. Namun, nama tersebut tentunya sangat sulit untuk diingat. Bayangkan jika konsumen datang ke toko elektronik dan mendengar penjelasan tentang Sony KD-84X9005, Panasonic TX-L47E5B, dan Sony 40HX753. Mereka akan berfikir bahwa semua TV pada dasarnya sama (sama sulitnya untuk disebutkan) kemudian lebih memilih untuk menunjuk barang yang diinginkan ketimbang harus menyebutkan namanya. (dd)

Comment di sini