Jangan Minum Obat dengan 7 Minuman Ini!

by
September 3rd, 2012 at 8:29 am

CiriCara.com – Orang sakit segeralah berobat dan minum obat. Kalimat itu sudah biasa didengar oleh kita. Namun, tahukah Anda bahwa minum obat itu tidak boleh dicampur dengan minuman apapun kecuali air mineral?

Berikut adalah jenis minuman yang tak boleh dicampur dengan obat, seperti dikutip dari Prevention.com:

1. Jus grapefruit

Perlu diketahui bahwa meminum jus grapefruit dapat mengganggu kinerja lebih dari 50 obat, termasuk obat tekanan darah tinggi dan statin. Temuan dari University of Western Ontario menunjukkan bahwa jus ini meningkatkan penyerapan obat-obatan tertentu serta dapat mengubah dosis obat yang diminum dari dosi normal menjadi dosis berlebihan.

2. Jus delima

Jus delima dapat memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah dan pada antidepresan dapat menyebabkan penurunan efektifitas obat. Selain itu, enzim yang ditemukan dalam jus delima dapat memecah resep obat tekanan darah.

3. Susu

Susu akan mengurangi absorpsi antibiotik dalam tubuh dan menghambat penyerapan komponen tertentu dalam obat, seperti zat besi. Kalsium pada susu juga dapat mengganggu efektifitas obat tiroid dan dan dapat mengikat obat atau antibiotik sehingga mencegah penyerapan obat dalam tubuh. Apabila ingin meminumnya, minumlah 4 jam setelah Anda minum obat.

4. Minuman yang mengandung kafein

Kafein terdapat pada kopi, teh hijau, dan minuman berenergi. Kandungan ini dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius jika diminum dengan stimulan. Hindari minum secangkir kopi pada saat mengosumsi penekan nafsu makan, amfetamin, dan obat asma. Bila ingin minum yang memiliki kandungan kafein, minumlah 2-3 jam setelah minum obat.

5. Minuman isotonik

Hindari minum obat untuk gagal jantung dan obat-obatan hipertensi dengan minuman isotonik karena minuman ini mengandung kalium. Selain itu, kalium yang tinggi juga terdapat pada buah pisang. Kalium berguna bagi penderita hipertensi, tetapi apabila asupan kalium malah berlebihan bisa membahayakan si penderita.

6. Minuman yang memabukkan

Apabila Anda meneguk segelas anggur saat minum obat, maka akan menyebabkan hipertensi, sakit kepala, detak jantung cepat, dan stroke.

7. Teh hijau

Teh hijau sangat baik dikonsumsi bila Anda yang sedang menjalankan diet. Namun, bagi Anda yang sakit tidak boleh mencampurkan minum ini dengan obat. Mengapa? Karena teh hijau mengandung sedikit vitamin K yang dapat mengurangi efek dari obat-obatan.

Itulah berbagai jenis minuman yang berbahaya bila dicampur dengan minum obat. Tetap jagalah kesehatan Anda. (NR)

Comment di sini