Hilangkan Nyeri Haid dengan Makanan dan Minuman Ini

by
September 3rd, 2012 at 11:40 am

CiriCara.com – Setiap satu bulan sekali, tentunya wanita akan mengalami menstruasi atau haid. Menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Pada saat menstruasi, terkadang wanita mengalami gejala-gejala yang membuatnya kurang nyaman. Gejala tersebut, seperti mudah emosi dan nyeri di perut.

Gejala yang timbul pada saat menstruasi bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Dr. Rachna Sethi, seorang ahli gizi mengatakan, “Makanan bisa membantu mengatasi serangan sakit perut, pegal, kekurangan darah, dan dehidrasi.” Agar pada saat menstruasi tidak mengalami nyeri haid, maka perlu mengonsumsi makanan berikut ini:

1. Kalsium

Kandungan kalsium terdapat di dalam segelas susu kedelai. Disarankan pada saat menstruasi atau sebelum menstruasi, Anda wajib untuk mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung kalsium.

2. Karbohidrat kompleks

Pada saat menstruasi, biasanya tubuh akan terasa lemas. Untuk menyiasatinya, konsumsilah karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh atau beras merah. Apabila mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, maka bisa mencegah tubuh kehilangan air terlalu banyak yang terjadi pada saat menstruasi.

3. Air

Pada saat menstruasi, biasanya Anda akan merasa dehidrasi. Untuk menghindari hal itu, Anda wajib meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

4. Mineral

Kandungan mineral dapat ditemukan pada air jeruk manis dan buah nanas. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mineral dapat membantu tubuh meningkatkan cadangan air. Selain itu, disarankan juga untuk mengonsumsi buncis dan kacang-kacangan karena bisa meningkatkan suasana hati Anda selama menstruasi.

5. Protein

Meminum segelas susu dan memakan daging ayam bisa memberi banyak energi selama menstruasi karena makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi.

6. Vitamin B6

Dr. Rachna Sethi menyarankan untuk mengonsumsi pisang dan havermut pada saat sarapan. Gunanya adalah untuk menekan tingkat depresi Anda selama menstruasi.

7. Zat besi

Selama menstruasi, tentunya Anda akan kehilangan banyak darah sekitar 3-7 hari. Untuk mengganti darah yang dikeluarkan tersebut, Anda wajib untuk mengonsumsi buah kurma. Dr. Rachna Sethi mengatakan, “Zat besi juga terdapat pada buncis, namun untuk mengonsumsinya tidak perlu dimasak agar kandungan zat besinya tidak hilang.”

Makanan dan minuman tersebut wajib dikonsumsi bila Anda tidak ingin mengalami nyeri haid dan emosi yang berlebihan. Selain makanan dan minuman di atas, terdapat jenis makanan lain yang harus Anda hindari juga selama menstruasi, antara lain gula dan garam yang berlebihan, minuman yang mengandung alkohol, dan kafein. (NR)

Comment di sini