Menteri AS, Hillary Clinton Tiba di Halim Sore Nanti

by
September 3rd, 2012 at 12:06 pm

Telegraph

Jakarta (CiriCara.com) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton dijadwalkan tiba di Indonesia pada sore nanti. Pesawat yang ditumpanginya akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Lalu apa tujuan Hillary datang ke Indonesia?

Menurut informasi seperti dilansir detikcom, setelah mendarat di Bandara Halim, Hillary akan langsung menuju ke Gedung Kemenlu di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Senin (3/9/2012) malam, Hillary dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa.

Petermuan Hillary dan Menlu Marty akan membicarakan masalah isu kemitraan strategis. Hillary juga dijadwalkan akan menggelar joint press conference bersama. Setelahnya, ia akan menghadiri acara makan malam bersama secara tertutup.

Kemudian Selasa (4/9/2012), Hillary dijadwalkan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan ini merupakan kunjungan kehormatan dan agenda rutin setiap pejabat tinggi negara sahabat yang berkunjung ke Indonesia.

Namun, kunjungan Hillary Clinton kali ini dinilai penuh dengan nuansa konflik Laut China. Di mana posisi Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara dinilai cukup berpengaruh. Pasalnya, ada empat negara ASEAN yang telibat sengketa dengan China. Namun hal ini masih belum jelas.

“(Pertemuan) Ini lebih kepada tingkatan kerja sama bilateral dua negara. Soal yang sifatnya teknis, dibicarakan dengan menteri,” jelas juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha, seperti dikutip detikcom, Senin (3/9/2012).

Tapi, menurut juru bicara Kemenlu AS Victoria Nuland, kunjungan Hillary ke Asia-Pasifik guna membahas masalah sengketa Laut China Selatan. Dan Indonesia menjadi salah satu negara yang tengah berusaha menyelesaikan sengketa antara negara-negara Asia Tenggara dengan China itu.

(YG)

Comment di sini