11 Jenis Sate Indonesia yang Lezat

by
September 4th, 2012 at 3:03 pm

CiriCara.com – Sate merupakan salah satu jenis makanan yang sudah tidak asing lagi ditemukan masyarakat. Makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan sate, lalu diberi bumbu dan kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu ini memiliki cita rasa yang enak.

Kali ini CiriCara.com akan membahas mengenai jenis sate yang ada di Indonesia dan memiliki cita rasa yang enak:

1. Sate kuda

Jenis sate yang satu ini, tekstur dagingnya tak ada bedanya dengan daging sapi atau kambing. Apabila dimakan, sate ini cukup sulit dikunyah karena memiliki daging yang cukup keras. Daging kuda yang biasa dipakai untuk disate adalah kuda yang sudah tidak produktif. Maksudnya adalah kuda yang sudah tidak bisa berlari kencang atau menarik beban lagi.

2. Sate kelinci

Sate kelinci ini selain rasanya yang enak, juga bisa menyehatkan serta dijadikan bahan obat untuk penyakit asma. Sate ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak sekeras daging kambing bila digigit. Daging kelinci yang biasa dibuat sate adalah kelinci yang masih berusia antara 4-6 bulan.

3. Sate padang

Jenis sate ini tentunya sudah tidak asing lagi ditemukan bagi para pencinta kuliner. Sate yang memakai daging sapi, kambing, atau ayam ini memiliki bumbu yang berbeda dengan jenis sate lainnya. Bumbu sate padang ini memakai bumbu kuah rendang yang khas warna kemerahannya. Selain itu, sate ini sangat nikmat bila dimakan dengan lontong.

4. Sate lilit

Sate lilit adalah sate yang khas dari Pulau Dewata, Bali. Sate ini memakai daging ayam kemudian dililitkan di tusukan sate berukuran besar yang terbuat dari bambu. Bila mengunjungi Pula Dewata, maka Anda tidak kesulitan untuk menemukan sate yang satu ini.

5. Sate madura

Jenis sate yang satu ini sudah biasa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Sate yang cukup terkenal namanya ini biasanya berbahan dasar daging ayam atau sapi. Selain itu, digunakan pula bumbu kacang yang agak kental dan lontong. Rasanya yang lezat membuat orang tidak lupa akan cita rasa yang dimilikinya.

6. Sate lalat

Sate lalat yang dijual di pasaran bukanlah berasal dari daging lalat. Menggunakan nama lalat karena sate ini memiliki ukuran daging yang kecil seperti lalat. Daging yang dipakai untuk dibuat sate adalah daging ayam.

7. Sate telur puyuh

Jenis sate yang satu ini berbahan dasar telur puyuh yang dibacem, lalu ditusuk dengan tusukan sate. Sate ini sangat enak disantap bila sambil makan bubur atau soto ayam.

8. Sate rusuk

Sate rusuk merupakan sate yang tidak ditusuk dengan bambu seperti jenis sate lainnya. Sate ini memiliki keunikan yaitu memakai rusuk asal daging tersebut, seperti rusuk kambing atau sapi. Rasanya cukup memanjakan lidah Anda dan membuat ketagihan.

9. Sate ikan

Hampir sama dengan jenis sate lainnya karena dagingnya yang ditusuk dengan bambu. Namun, bahan dasarnya saja yang berbeda. Sate ikan berbahan dasar daging ikan dan daging yang digunakan adalah ikan tongkol dan cakalang. Sebelum dibakar, ikan yang sudah ditusuk dengan bambu terlebih dahulu diberi bumbu.

10. Sate usus

Sate ini cukup terasa nikmat bila dimakan karena memiliki rasa yang kenyal. Para pakar kesehatan tidak menyarankan untuk mengonsumsi jenis sate yang satu ini karena usus ayam terdapat berbagai mikroba yang cukup membahayakan kesehatan. Jenis sate ini biasa disantap masyarakat sambil makan bubur dan soto ayam.

11. Sate kerang

Jenis sate ini biasa disajikan dengan jenis makanan lain, seperti soto. Sate yang berbahan dasar kerang ini memang jarang ditemukan. Namun, proses pembuatannya tidak dibakar, melainkan hanya ditusuk saja dengan bambu dan diberi bumbu.

Sate juga sangat populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Dan jenis sate di atas merupakan jenis sate yang terkenal di Indonesia dan memiliki cita rasa yang enak. Bagaimana, maukah Anda mencicipinya satu persatu? Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini