Aplikasi Tablet Untuk Melatih Kreativitas Orangutan

by
September 4th, 2012 at 1:16 pm

CiriCara.com – Penelitian pada beberapa kebun binatang di dua negara besar Amerika Serikat dan Kanada sedang meninjau bagaimana perilaku hewan primata seperti orangutan dan kera dapat berkomunikasi menggunakan iPad atau aplikasi lain di dalam tablet.

Pada program yang dinamakan “Apps for Apes” ini, ada 12 kebun binatang yang tersebar di seluruh AS dan Kanada, terlibat di dalamnya. Melalui program ini, diketahui bahwa bukan hanya manusia saja yang memiliki kegemaran untuk berkomunikasi dengan tablet seperti iPad, tetapi orangutan pun juga senang menyentuh layar tablet tersebut.

Kalau anak-anak menggunakan aplikasi iPad untuk bermain permainan yang menstimulasi kreativitas seperti melukis, musik, serta permainan untuk menambah daya ingat, dsb; ternyata aplikasi-aplikasi tersebut juga menjadi kegemaran para hewan primata ini.

Sebagai contoh, Kebun Binatang Toronto sudah menggunakan aplikasi Doodle Buddy untuk menggambar, Activity Memo Pocket untuk menambah daya ingat dan masih banyak lagi aplikasi lain yang digunakan para orangutan ini.

Orangutan di 12 kebun binatang yang terlibat dalam program tersebut, sedikitnya diberi akses untuk bermain dengan tablet sebanyak 2x seminggu.

Seperti yang disampaikan Richard Zimmerman (direktur program pengajaran orangutan) kepada Reuters, para penjaga kebun binatang juga sedang menginvestigasi bagaimana aplikasi komunikasi yang biasanya diperuntukan bagi anak-anak autis dapat membantu manusia berkomunikasi dengan jenis primata yang paling pintar karena memiliki tingkat kecerdasan yang setara dengan seorang anak kecil ini.

Richard menambahkan tujuan penggunaan aplikasi komunikasi untuk orangutan ini adalah supaya orangutan dapat memberitahukan apa yang mereka rasakan seperti sakit, atau lapar, dll kepada para penjaga kebun binatang, dokter, atau orang yang memelihara mereka.

Namun, kendala lain yang mereka hadapi adalah tablet yang digunakan sangat rawan rusak atau pecah jika diperuntukan bagi orangutan. Oleh karenanya, mereka sedang mengusahakan untuk membuat tablet yang lebih besar dengan bagian luar yang lebih keras dan tahan banting.

Jika program yang bergantung pada donasi iPad ini, tetap berjalan lancar, serta produksi tablet khusus orangutan dapat diproduksi, rencananya, program ini akan dikembangkan pula pada kebun binatang yang ada di Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Eropa.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dan kelangsungan hidup para hewan primata yang sudah hampir punah ini karena habitatnya hilang akibat penebangan hutan ilegal. (yk)

Reuters

Comment di sini