CiriCara: Cara Mengatasi Sifat Boros

by
September 4th, 2012 at 4:42 pm

CiriCara.com – Kebiasaan berfoya-foya merupakan hal yang bisa membuat Anda boros. Bila sudah memenuhi kebutuhan, biasanya uang itu akan dipergunakan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu penting, seperti membeli tas baru, sepatu, pergi menonton, dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut bila sering dilakukan dapat membuat bangkrut dan hidup Anda boros. Untuk menghindari pemborosan tersebut, sebaiknya Anda patut mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Membuat analisa

Ambil secarik kertas dan tulislah hal-hal apa saja yang membuat kamu boros. Di dalam analisa tersebut, penuhi unsur 5W+1H. Misalnya pergi ke pusat perbelanjaan, membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan, pergi ke bioskop seminggu 2 kali, dan lain sebagainya. Tulis hal-hal tersebut dan temukan juga jawabannya.

Jika Anda sudah membuat analisa seperti itu, maka secara tidak langsung Anda akan berpikir lebih dalam bila ingin mengeluarkan uang. Salah satu cara ini tidak perlu sekaligus dilakukan pada Anda, namun lakukanlah secara perlahan dan bertahap.

2. Membuat skala prioritas

Buatlah skala prioritas mengenai kebutuhan Anda. Anda harus mengetahui mana kebutuhan yang benar-benar penting dan mana kebutuhan yang bisa ditunda. Urutkan mulai dari kebutuhan yang benar-benar penting dahulu, lalu selanjutnya kebutuhan lain yang bisa ditunda.

3. Membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan hal yang wajib dipenuhi, sedangkan keinginan bersifat sementara yang hanya menyenangkan hati saja. Anda boleh memenuhi keinginan asalkan kebutuhannya sudah terpenuhi. Catat kebutuhan Anda selama satu bulan penuh dan perkirakan uang yang akan dikeluarkan untuk membelanjakan kebutuhan tersebut. Bila ada tersisa, maka Anda boleh memenuhi keinginan.

4. Memiliki cita-cita untuk membeli barang yang sangat bagus

Bercita-citalah untuk membeli sesuatu barang yang bagus dengan harga yang cukup mahal. Tujuannya adalah agar Anda bisa menghilangkan sifat boros. Bila cara ini dilakukan, maka secara tidak langsung Anda akan menyisihkan uang untuk ditabung agar kemudian hari mendapatkan barang yang Anda inginkan.

Cita-cita itu tidak hanya untuk membeli barang saja, bisa juga keinginan untuk pergi ke negara-negara Eropa, melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, dan lain sebagainya.

5. Membawa uang secukupnya bila berbelanja

Cara yang satu ini perlu diterapkan bila ingin mengatasi sifat boros Anda. Jika Anda memiliki rencana untuk pergi berbelanja, maka bawalah uang secukupnya. Kalau perlu, catat kebutuhan apa saja yang akan Anda beli. Bila terlalu banyak uang yang dibawa, maka Anda akan membeli berbagai keperluan yang tidak penting.

6. Membuat anggaran belanja

Anggaran belanja penting untuk ditulis agar Anda mengetahui berapa jumlah uang yang dikeluarkan dalam satu bulan dan hal-hal apa saja yang harus dipenuhi. Dalam catatan, buatlah berbagai pos, seperti pos kesehatan, peralatan, liburan, pakaian, kecantikan, dan lain-lain. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengontrol pengeluaran perbulannya.

Buang jauh-jauh bila Anda memiliki sifat boros, karena nantinya Anda sendiri yang rugi atau melarat. Keenam cara di atas bisa Anda lakukan bila Anda mempunyai tekad yang kuat untuk menghilangkan sifat boros itu. (NR)

 

Comment di sini