CiriCara: 6 Cara Jitu Tanggapi Kritikan di Kantor

by
September 4th, 2012 at 4:32 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kadang kita merasa kesal saat telah menyelesaikan sebuah proyek yang besar tetapi sang bos masih terus menuntut untuk memperbaiki cara kerja.

Nah, ketika menghadapi hal seperti ini, jangan pesimis karena setiap pekerjaan yang kita ambil akan mempunyai risiko untuk dikritik yang sama besarnya. Ada beberapa tips untuk menanggapi kritikan di lingkungan kantor. Apa saja?

1. Setiap manusia tidak ada yang sempurna

Tidak ada manusia yang sempurna bukanlah sebuah omong kosong karena pada dasarnya setiap manusia mempunyai kelemahan. Hilangkan pikiran bahwa anda adalah makhluk yang paling sempurna dan tidak akan membuat kesalahan dalam bekerja. Dari setiap kesalahan yang kita perbuat, hal yang terpenting adalah belajar darinya.

2. Biasakan untuk mengecek pekerjaan berkali-kali

Ketika telah menyelesaikan sebuah pekerjaan, jangan langsung mengumpulkan kepada atasan kita. Cek dan yakinkan diri Anda bahwa pekerjaan tersebut sudah sangat benar sehingga si bos tidak akan mempersoalkan soal kesalahan kecil sekalipun.

3. Jangan terlalu mengambil hati setiap  kritikan

Ketika partner atau mitra kerja mulai mengkritik, yakinlah bahwa tidak berarti mereka sangat membenci kita. Mitra kerja kita melakukannya supaya kita dapat mengerahkan segenap kemampuan kita dalam bekerja. Jangan menganggap diri sendiri bodoh dan tidak bisa apa-apa.

4. Jangan acuhkan kritikan

Kritikan yang datang kepada diri kita sifatnya membangun. Akan lebih baik jika kita mendengarkannya agar tidak cenderung mengulangi kesalahan yang sama dua kali. Langkah ini kadang sulit diterapkan bagi sebagian orang karena faktor kedudukan sehingga merasa tidak bertanggung jawab atas kesalahan mitra kerja lainnya.

5. Apa yang bisa dipelajari dari sebuah kritikan?

Karena setiap kritikan yang ditujukan kepada kita dan pekerjaan kita bersifat membangun dan tidak menjatuhkan, maka giatlah bertanya tentang apa yang bisa kita kembangkan dan lakukan dari kritikan-kritikan tersebut.

6. Jangan marah!

Kesalahan fatal yang diperbuat karyawan ketika menerima kritikan dari bos maupun rekan kerja adalah marah. Kemarahan hanya akan mempengaruhi cara pandang dan cara kerja kita terhadap perusahaan. Belajarlah dari setiap kesalahan dan lakukan yang terbaik untuk proyek atau tugas selanjutnya. (RN)

Wiki How

Comment di sini