CiriCara: Cara Aman Berkendara Sepeda Motor Bagi Wanita

by
September 4th, 2012 at 1:25 pm

CiriCara.com – Saat ini pengendara sepeda motor bukan hanya lelaki saja, wanita juga acap mengendarainya untuk berpergian. Kendaraan beroda dua yang sangat praktis dipakai menjadi pilihan bagi para wanita untuk berpergian.

Di balik kepraktisannya, mengendarai sepeda motor di Ibu Kota juga cukup menelan korban jiwa, khususnya pada wanita. Terkadang para wanita mengendarai sepeda motor tidak mengikuti aturan lalu lintas yang ada atau naik motornya “sembarangan”.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya para wanita yang mengendarai sepeda motor perlu mengetahui tips berikut. Simak tipsnya:

1. Jangan memakai rok

Hindari memakai rok pada saat mengendarai sepeda motor. Bila memakai rok, maka akan menyulitkan Anda pada saat situasi jalanan sedang macet. Pakailah celana panjang demi kenyamanan dan keselamatan Anda ketika mengendarai sepeda motor.

2. Jangan memakai sepatu hak tinggi

Bila Anda ingin pergi ke kantor menggunakan sepeda motor, maka pakailah sepatu tanpa hak. Tujuannya adalah untuk menghindari kesulitan mengoper gigi dan membuat Anda nyaman mengendarainya pada saat situasi macet. Bila tetap ingin memakai sepatu hak tinggi, maka pakailah pada saat tiba di kantor.

3. Tidak perlu memakai perhiasan berlebihan

Bagi Anda wanita pengendara sepeda motor, jangan memakai perhiasan yang berlebihan, seperti gelang, kalung, dan cincin berlian. Memakai perhiasan yang seperti itu bisa memancing penjahat untuk merampok atau menjambret perhiasan. Pakailah perhiasan yang sewajarnya saja seperti hanya memakai anting atau cincin.

4. Simpan nomor telepon penting

Anda diwajibkan untuk menyimpan berbagai nomor telepon penting di ponsel Anda, seperti nomor telepon bengkel langganan. Tujuannya adalah agar Anda tidak direpotkan untuk memperbaikinya bila motor mengalami kerusakan secara mendadak.

5. Gunakan hands free

Bila Anda seorang wanita yang sibuk dan sering menerima telepon pada saat berkendara, cobalah memakai fitur hands free. Gunanya adalah agar Anda tetap bisa berkonsentrasi dengan situasi jalan. Namun, alangkah baiknya bila tidak mengangkat telepon pada saat mengendarai sepeda motor karena bisa menganggu konsentrasi Anda dan menyebabkan kecelakaan.

Kelima cara tersebut baik dilakukan bila Anda mengendarai sepeda motor dalam kesehariannya. Kecelakaan yang terjadi di Ibu Kota akibat kelalaian manusianya sendiri. Untuk itu, mulailah dari diri sendiri agar mengurangi kecelakaan dan menciptakan jalanan Ibu Kota yang tertib berlalu lintas. (NR)

Comment di sini