CiriCara: Cara Merawat Rambut Hijabers Agar Tetap Sehat

by
September 4th, 2012 at 10:15 am

CiriCara.com – Wanita menganggap bahwa rambut adalah mahkotanya. Kalimat ini juga berlaku bagi para wanita yang mengenakan kerudung dalam kesehariannya. Rambut yang tidak sehat, seperti rontok, berketombe, dan kering kerap kali membuat wanita jengkel. Bagi para Hijabers tentunya juga pernah merasakan hal ini kan?

Jangan khawatir bila para Hijabers memiliki masalah rambut yang seperti itu, karena CiriCara.com akan memberikan beberapa cara untuk Anda agar rambut tetap sehat bila mengenakan kerudung. Mau tahu caranya? Simak tips berikut ini:

1. Pakai sampo dan kondisioner

Cuci rambut Anda seminggu 3 kali untuk menjaga rambut tetap bersih dan lembap. Pakailah sampo dan kondisioner ketika Anda keramas. Perlu diingat juga bahwa pemakaian sampo dan kondisioner harus disesuaikan dengan jenis kulit kepala dan rambut Anda. Bila salah memilih, maka akan berakibat rambut semakin rusak.

2. Biarkan rambut kering secara alami

Setelah keramas, alangkah baiknya mengeringkan rambut secara alami saja. Biarkan rambut Anda yang basah, kering secara alami. Hindari menggunakan alat pengering rambut atau mencatoknya karena bisa membuat rambut kering bila perawatannya tidak rutin. Bila menunggu rambut kering secara alami dirasa  terlalu lama, maka bisa juga menggunakan kipas angin. 

3. Gunakan sisir berbentuk bulat dengan gigi jarang

Tujuan menggunakan sisir berbentuk bulat dengan gigi yang lembut dan jarang adalah agar rambut lebih rapi. Sisirlah dari pangkal rambut hingga ujung rambut dan pastikan rambut tidak kusut sebelum mengenakan kerudung.

4. Pakai serum rambut

Setelah rambut disisir rapi, Anda perlu memakai serum rambut. Tujuannya adalah agar rambut tidak mudah rontok dan rapuh. Perlu diingat juga bahwa untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang bila akan mengenakan kerudung. Bila diikat terlalu kencang, maka rambut akan mudah rusak dan kulit kepala Anda menjadi sakit.

5. Melakukan creambath atau masker rambut

Meskipun memakai kerudung, jangan lupa untuk tetap merawat rambut ke salon untuk melakukan creambath atau masker rambut. Lakukan ini seminggu sekali agar rambut Anda tetap sehat dan berkilau. Apabila merasa malas untuk pergi ke salon, maka Anda bisa lakukan cara ini di rumah asalkan memiliki cream creambath atau masker rambutnya.

Walaupun mengenakan kerudung, Anda harus tetap merawat rambut. Bila rambut terlihat kusam, rontok, berketombe dan lain sebagainya, maka Anda sendiri yang akan repot. Tidak mau kan lama-kelamaan rambut akan botak? Untuk itu, rawatlah rambut Anda agar tetap sehat seperti beberapa cara yang sudah dipaparkan. (NR)

Comment di sini