CiriCara: Cara SMS-an di Komputer via Android

by
September 4th, 2012 at 11:54 am

Glow Images / Getty Image

Jakarta (CiriCara.com) – Bagi sebagian orang, berkirim pesan merupakan bagian dari pekerjaan. Namun, banyak juga karyawan yang ingin terus sms-an tapi takut dinilai negatif karena sering “main handphone” saat bekerja. Nah, untuk masalah yang satu ini, ada solusinya. Untuk tetap bisa berkirim pesan tanpa memegang ponsel syaratnya cuma dua: komputer yang terhubung dengan internet dan sebuah smartphone berbasis Android.

Hal utama dari ide ini adalah menyinkronkan Android dengan peramban (browser) seperti Chrome, Firefox, atau Opera sehingga Anda dapat berkirim pesan tanpa menggenggam ponsel. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada tiga aplikasi yang mendukung seperti DeskSMS, MightyText, dan BrowserTexting.

DekSMS

DeskSMS ini tidak hanya dapat menyinkronkan SIM Card Android dengan browser, tetapi juga dengan akun Gmail dan Gtalk. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis. Anda diberi kesempatan untuk mencoba dengan cuma-cuma selama 14 hari. Setelahnya, akan dikenakan biaya $4.99 per tahun untuk terus menggunakan layanannya. Singkirkan dulu aplikasi ini, kita cari opsi lain.

MightyText

Aplikasi ini berjalan hanya di peramban Chrome. Tapi, setidaknya aplikasi ini bisa dinikmati secara gratis. Cara kerjanya sama dengan aplikasi yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

BrowserTexting

Ini aplikasi gratis yang paling layak digunakan untuk sms-an menggunakan browser. Selain bisa didapatkan secara cuma-cuma, BrowserTexting kompatibel dengan berbagai browser seperti Internet Explorer, Firefox, Safari, Opera, dan tentu saja Chrome. Nilai lebih lainnya adalah cara menginstal yang cukup mudah. Berikut langkahnya:

  • Ambil smartphone Android, buka aplikasi Google Play Store lalu cari aplikasi “BrowserTexting”. Akan muncul banyak hasil pencarian dari aplikasi serupa, pilih BrowserTexting kemudian Install.
  • Buka browser pada komputer Anda, lalu kunjungi situs browsertexting.com. Untuk memulai, klik tulisan “Start Texting” untuk menampilkan QR Code. Kode tersebut yang akan digunakan untuk menyinkronkan Android dengan browser.
  • Buka aplikasi BrowserTexting di ponsel kemudian klik “Scan QR-Code”. Jika Anda sudah punya aplikasi “Barcode Scanner”, tinggal mengarahkan scanner (kamera) ke layar monitor di mana terdapat QR Code yang muncul setelah menyelesaikan langkah 2. Jika belum ada Barcode Scanner, maka smartphone akan menawarkan untuk menginstall. Setelah menginstall Barcode Scanner, ulangi kembali dari langkah 2.
  • Selesai membaca QR Code, android akan terhubung dengan browser dan Anda bisa mulai sms-an. Untuk mengirim pesan, klik nama kontak yang terdapat di sisi kanan Anda lalu ke kotak sebelah kiri untuk menulis pesan. Saat menulis pesan, angan lupa bahwa tombol “Enter” berarti “mengirim pesan”.

Aplikasi ini sudah dicoba dan berjalan dengan baik di browser Chrome pada Windows 7 Home Premium sedangkan smartphone menggunakan Android 2.3 Gingerbread. Tarif yang digunakan untuk sms-an adalah tarif normal provider. BrowserTexting tidak mengambil pulsa Anda. Selamat mencoba. (dd)

Comment di sini