IFA 2012: TV Ini Gunakan Pikiran Sebagai Remote

by
September 4th, 2012 at 3:25 pm

Engadget

Jakarta (CiriCara.com) - Teknologi remote kontrol pernah merubah cara manusia menonton televisi. Setelah penemuannya, kita tidak lagi perlu mondar-mandir untuk sekadar mengganti saluran. Lalu, bagaimana dengan teknologi terbaru ini? sebuah remote televisi yang bisa dikendalikan dengan pikiran! kita bahkan tidak perlu lagi memijit tombol untuk mengganti saluran.

Salah satu produk dari Haier akan membuat remote TV yang selama ini dikenal tampak seperti barang kuno. The Brain Wave, televisi yang masih berupa prototipe ini langsung menjadi pusat perhatian saat dipamerkan di IFA 2012. Dengan kemampuannya mengontrol remote lewat pikiran, mereka menjanjikan pengguna bahwa nanti, manusia dapat mengganti saluran televisi atau menaik-turunkan volume suara hanya dengan berfikir.

Meskipun teknologi ini masih jauh dari sempurna, segala bentuk kemajuan tetap saja menyenangkan, dan menjanjikan tentunya. Sejauh ini, Haier mendemonstrasikan kreasi mereka dengan satu set televisi yang terhubung dengan sebuah headset dan Engadget mendapat kesempatan untuk mencoba. Dalam televisi tersebut tergambar sebuah tong yang akan bereaksi terhadap pikiran orang yang menggunakan headset berbahan plastik tersebut. Untuk lebih jelasnya, saksikan video dari Engadget.

Untuk meledakkan tong dalam televisi tersebut tidaklah mudah karena memerlukan konsentrasi yang tinggi. Namun, setidaknya mereka sudah membuktikan bahwa pikiran bisa terhubung dengan layar televisi. Meskpiun sulit membayangkan bagaimana nanti kita bisa mengganti saluran, menurukan volume suara, atau mengganti subtitle secara bersamaan dengan menggunakan pikiran.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah headset yang modelnya sedikit tidak nyaman, bahkan bagi sebagian orang termasuk mengganggu. Mudah-mudahan Haier akan memperbaikinya sebelum The Brain Wave ini masuk ke pasaran. Sayangnya, tidak ada penjelasan mengenai harga atau kapan mereka akan dipasarkan. (dd)

Comment di sini