Apa Kata Roy Suryo Soal Teror Solo?

by
September 5th, 2012 at 1:26 pm

Tempo

Yogyakarta (CiriCara.com) – Roy Suryo, anggota Komisi I DPR RI Bidang Luar Negeri ikut menganalisis rekaman CCTV sejumlah aksi teror penembakan di kota Solo 17 Agustus 2012 lalu. Apa katanya?

Menurut Roy, dia ingin memastikan kecocokan pelaku yang tertembak tanggal 31 Agustus 2012 lalu dengan pelaku yang beraksi tanggal 17, 18 dan 30 Agustus 2012. Menurutnya, ada sejumlah kriteria yang bisa dipakai untuk mendeteksi pelaku penembakan di Solo melalui rekaman kamera CCTV.

Dari rekaman CCTV milik Dinas Perhubungan Surakarta itu terlihat dua orang melintas daerah Nonongan, Surakarta menggunakan kendaraan yang sama yang digunakan pelaku untuk membunuh polisi, Bripka Dwi Data Subekti yang berjaga di Pos Polisi Singosaren pada malam, 30 Agustus 2012. Kendaraan ini juga memiliki kemiripan dengan kendaraan para pelaku yang tewas tertembak hari Jumat malam, 31 Agustus 2012.

“Dari tujuh rekaman CCTV yang ada, memang ada kemiripan antara yang disergap terakhir dengan yang awal ada di rekaman CCTV itu, dari jenis motornya juga perilakunya, meski tidak 100 persen,” kata Roy di Yogyakarta, Selasa, 4 September 2012 seperti yang dikutip dari Tempo.co.

Namun, analisa terhadap rekaman CCTV itu masih mengalami keterbatasan karena peristiwanya terjadi pada malam hari dan pelaku menggunakan helm dan jaket sehingga hanya bisa diperoleh data tentang jenis motor dan nomor kendaraan yang dipakai pelaku.

Menurut Roy Suryo, motor yang dipakai pelaku adalah Suzuki Smash warna hitam dengan nomor plat yang belum bisa diidentifikasi lebih lanjut karena kondisi jalanan yang gelap. Namun, beliau berani memastikan bahwa pelaku teror adalah orang yang sama dengan mereka yang mengendarai motor tersebut.

Walau kamera CCTV bisa membantu keberadaan teror tapi belum bisa dijadikan patokan utama bahan pelacakan. Menurut Roy Suryo lagi, CCTV hanya bersifat membantu bahan penyelidikan utama di lapangan yang sedang dilakukan oleh pihak berwenang. (RN)

Comment di sini