Ayo Pasang Avatar Munir di Twitter!

by
September 5th, 2012 at 8:57 am

Twitter

Jakarta (CiriCara.com)Tanggal 7 September mendatang adalah tepat delapan tahun meninggalnya Munir, sang pejuang hak asasi manusia yang tewas terbunuh di atas pesawat Garuda nomor GA-974 ketika sedang menuju Amsterdam untuk melanjutkan kuliah pascasarjana.

Untuk memperingati hari tersebut, wartawan ternama, Dandhy Laksono lewat akun Twitternya (@Dandhy_Laksono) mengajak para pengguna Twitter untuk mengganti avatar mereka dengan foto gambar wajah Munir, seperti yang dilansir dari situs salingsaling.com. Apa tujuan ajakan Dandhy melalu akun Twitternya ini?

Melalui kicauannya  di akun Twitter, pada Minggu, 2 September 2012, pukul 02.57, Dandhy menulis, “Sedekahkan avatar Anda utk foto ini selama 8 hari saja, agar kasus berumur 8 thn ini punya energi baru dan tak dilupakan.”

Pada hari yang sama pada pukul 02.51, Dandhy juga menulis, bahwa jika ada 10 persen populasi Twitter Indonesia mengganti avatar mereka dengan avatar foto Munir maka akan ada sekitar dua juta “Munir” dalam minggu ini. Hal ini wajar terjadi karena pengguna Twitter di Indonesia adalah dalam urtan kelima tertinggi di dunia dengan sekitar 19,5 juta pengguna.

Tweet Dandhy mendapat respon yang positif dari para pengguna Twitter seperti Glenn Fredly (@GlennFredly) yang meng-update  akun Twitternya dengan “Mulai hari ini saya mengganti avatar saya dengan wajah pejuang kemanusiaan alm.MUNIR.” seperti yang dikutip dari Kompas.com. Pakar ekonomi seperti Faisal Basri lewat akun Twitter-nya (@faisalbasri) juga mendukung ajakan Dandhy dalam mewujudkan dua juta avatar Twitter dari Indonesia untuk Alm. Munir selama 8 hari.

Melalu Kompas.com juga, Dandhy menyatakan bahwa gerakan penggantian avatar di Twitterland ini adalah sebuah usaha untuk mengingatkan setiap pihak bahwa kasus pembunuhan Munir belum selesai karena aktor intelek di balik pembunuhan dengan cara meracuni makanan Munir ini belum selesai.

Dengan gerakan “sedekah avatar” ini juga, Dandhy berharap supaya komplotan pembunuh Munir yang mempunyai akun Twitter akan melihat antusiasme pembongkaran kasus Munir yang masih menggantung. Di sisi lain, media juga akan menyoroti kasus ini hingga terbongkar.

Para terdakwa yang diduga bertanggung jawab atas kasus pembunuhan ini adalah mantan pilot Garuda Pollycarpus Budihari Priyanto, mantan Dirut PT Garuda Indonesia Indra Setiawan, Sekretaris Chief Pilot Airbus A330 PT Garuda Indonesia Rohainil Aini, dan mantan Deputi V Badan Intelijen Negara Muchdi Purwoprandjono. Dari keempatnya, Rohainil dan Muchdi divonis bebas. (RN)

Comment di sini