CiriCara: Cara Agar Tidak Tertipu Perusahaan Asuransi

by
September 5th, 2012 at 1:31 pm

CiriCara.com – Perusahaan asuransi kini kian berkembang di Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk dapat menarik perhatian dari masyarakat agar memakai asuransi dari perusahaannya. Asuransi memang sangat dibutuhkan bagi setiap orang karena dengan mengasuransikan jiwa dapat menjamin masa depan hidup Anda secara finansial.

Pada dasarnya asuransi terbagi menjadi 2 kategori yaitu asuransi jiwa (life insurance) dan asuransi umum (general insurance). Dalam asuransi jiwa, objek pertanggungannya adalah manusia dan yang ditanggungkan adalah kehidupan seorang manusia, seperti kesehatan, kematian, dan lain sebagainya. Sedangkan asuransi umum, objek tanggungannya adalah harta benda (aset).

Secara umum, sistem asuransi yang ditawarkan untuk Anda adalah sebuah solusi di mana bisa menjamin masa depan secara finansial. Selain itu, asuransi jiwa juga menawarkan beberapa macam solusi yang terkait dengan kebutuhan hidup Anda di masa depan. Ada berbagai macam jenis asuransi yang ditawarkan pihak perusahaan, namun pilihannya tergantung kebutuhan Anda.

Terkadang ada perusahaan asuransi yang jago untuk menawarkan saja, padahal ketika nanti Anda mengklaim akan dipersulit olehnya. Untuk menghindari hal itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips mengenai asuransi yang bisa menipu Anda. Dikutip dari Permatabank.net, simak penjelasan berikut ini:

1. Pakai asuransi sesuai kebutuhan

Faktanya, masih ada beberapa orang yang masih belum mengerti kebutuhan asuransi yang mereka pakai. Dengan produk-produk standar, pihak perusahaan asuransi mencoba untuk menjual cakupan yang mungkin tidak Anda butuhkan tapi menguntungkan bagi mereka.

Untuk itu, jangan sampai Anda tertipu dengan perusahaan asuransi. Sebelum menyetujui apa yang ditawarkan, sebaiknya harus jeli terlebih dahulu mengenai apa saja keuntungan yang dapat Anda terima ketika memakai asuransi tersebut. Anda disarankan juga untuk memakai asuransi sesuai dengan kebutuhan.

2. Tidak membayar premi secara tunai

Anda disarankan agar tidak membayar premi secara tunai. Ada banyak penipu yang menyamar sebagai agen asuransi asli yang mengambil uang tunai dari Anda sebagai pengganti premi asuransi. Bila Anda tertipu, maka tidak ada asuransi untuk Anda bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

3. Jangan terbuai dengan diskon yang diberikan

Perusahaan asuransi jiwa menjanjikan Anda dengan manfaat yang luar biasa dari sebuah polis asuransi jiwa. Perusahaan asuransi tersebut memberikan jaminan bahwa kebijakan yang diberikan akan berjalan gratis untuk jangka waktu tertentu. Cara yang mereka lakukan yaitu dengan menawarkan diskon besar kepada Anda untuk menandatangani kebijakan baru, sementara itu mereka mengganti kebijakan lama.

Cara yang dilakukan ini dapat diartikan bahwa nilai lama akan berakhir dan cakupan baru tidak bisa dimulai karena prosedurnya yang rumit. Tentunya hal ini akan terjadi kerugian pada Anda bila terbuai dengan diskon yang diberikan.

Sebelum Anda menyetujui dan menandatangani asuransi yang akan dipakai, sebaiknya jeli dahulu agar tidak tertipu oleh perusahaan asuransi. (NR)

Comment di sini