CiriCara: Cara Menarik Pelanggan yang Tak Setia

by
September 5th, 2012 at 9:55 am

CiriCara.com – Setiap bisnis yang dijalani, pastinya terkadang mengalami keuntungan maupun kerugian. Saat ini berbisnis kecil-kecilan, seperti membuka rumah makan sederhana, menjual pulsa, dan membuka toko pakaian sedang ramai digeluti sebagian masyarakat. Namun, terkadang mereka mengalami kerugian atau tokonya sepi pengunjung.

Kerugian sering datang karena pelanggan yang tak setia. Misalnya, orang yang biasa membeli barang di toko Anda sudah lama tidak muncul untuk berbelanja. Untuk menghindari hal tersebut, perlu dibuat strategi marketing. Tujuannya adalah agar membuat pelanggan membeli barang yang Anda jual dan membuat ia kembali lagi ke toko Anda.

Untuk mengetahui strategi marketing apa yang sangat tepat, sebaiknya Anda simak beberapa cara berikut ini:

1. Menjual barang dengan kualitas bagus dengan harga terjangkau

Barang yang Anda jual harus memiliki kualitas yang bagus. Ada beberapa pembeli yang lebih memilih untuk membeli barang dengan kualitas yang bagus, walaupun harganya sedikit mahal. Namun, untuk membanderol harga barang, sebaiknya Anda perlu mengecek harga pasaran dahulu. Bila Anda menjual barang dengan kualitas bagus dengan harga terjangkau, maka bisa membuat citra toko Anda baik di hadapan pembeli.

2. Melakukan promosi

Alangkah baiknya untuk mempromosikan toko atau barang dagangan Anda. Melakukan promosi tidak hanya dengan memasang iklan di televisi, menyebarkan flyer, brosur, dan spanduk. Namun, Anda bisa juga melakukan promosi sendiri tanpa mengeluarkan biaya, seperti menyebarkannya melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, BBM, dan website lainnya.

Salah satu cara ini bisa membuat Anda memiliki pelanggan baru. Namun, pelanggan lama pun akan merasa senang bila toko Anda ramai karena berarti kualitas barang yang dijual bagus.

3. Memperbaharui barang dagangan

Bila menjual barang yang itu-itu saja atau tidak memperbaharui barang dagangan, maka toko Anda bisa sepi pembeli. Untuk menyiasatinya, Anda perlu memperbaharui barang dagangan yang dijual. Misalnya, Anda menjual pakaian, setidaknya satu bulan sekali Anda harus mengeluarkan barang-barang baru. Tujuannya adalah agar menarik perhatian kembali para pelanggan dan menciptakan suasana baru.

4. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Hubungan yang baik harus terjalin antara penjual dan pembeli. Ketika ada pembeli yang datang mengunjungi toko Anda dan menanyakan sesuatu, tentunya Anda harus melayaninya dengan baik. Terkadang ada pembeli yang tidak ingin datang kembali karena si penjual yang tidak ramah. Hal tersebut tentunya harus dihindari agar bisnis yang Anda jalankan berjalan lancar dan pelanggan pun akan bertambah.

Selain keempat cara di atas, ada hal lain yang harus Anda lakukan, yaitu berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Bagaimana pun juga rejeki Anda ada di tangan-Nya. Namun, Anda sebagai manusia jangan patah semangat bila bisnis yang dijalani sedang serat atau sepi pengunjung. Tetap bersemangat dan tekun karena nantinya akan membuahkan hasil yang menyenangkan. (NR)