CiriCara: Cara Mengenal Karakter Orang Terdekat

CiriCara.com – Anda tentunya ingin mengenal pribadi seseorang yang dekat dengan Anda, seperti pacar, sahabat, suami, dan lain sebagainya. Namun, terkadang pendekatan itu tidak selalu membuahkan hasil yang menyenangkan karena cara pendekatan yang Anda lakukan salah.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa tipe orang dan bagaimana cara melakukan pendekatan dengannya.

Berikut ada 4 tipe kepribadian yang ditetapkan oleh Hippocrates, yaitu:

1. Tipe kepribadian sanguinis

Tipe kepribadian yang satu ini paling pintar dalam hal berurusan dengan orang lain secara antusias. Ia berani menyatakan pemikirannya dengan penuh gairah. Selain itu, ia juga dapat memberikan perhatian yang tulus kepada orang yang disayanginya. Namun, terdapat juga kelemahannya yaitu ia terlalu banyak berbicara dan mementingkan diri sendiri. Tipe sanguinis ini terkadang juga sulit untuk berkonsentrasi dan kurang disiplin.

2. Tipe kepribadian melankolis

Tipe kepribadian melankolis ini sangat pintar dalam hal mengurus perincian dan pemikiran secara mendalam. Ia memiliki kemampuan analitis yang kuat, perfeksionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban.

Namun, kelemahan tipe ini adalah tergolong orang yang mudah tertekan dan suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Terkadang, tipe ini suka menyendiri untuk menyelesaikan masalahnya.

3. Tipe kepribadian koleris

Kelebihan yang dimiliki tipe koleris yaitu bisa memberikan keputusan yang sangat cepat. Tipe ini biasanya suka mengatur dan memerintah orang, ia tidak mau melihat orang yang berdiam diri saja sementara dirinya sibuk beraktivitas. Tipe koleris juga suka akan tantangan, berpetualang, dan tegas. Sisi negatifnya yaitu ia tidak sabaran, segalanya harus dikerjakan dengan cepat karena memang sifat keproduktivitasnya yang dimilikinya sangat tinggi. Ia mudah sekali marah dan suka berperilaku kasar.

4. Tipe kepribadian phlegmatis

Tipe phlegmatis tergolong orang yang memiliki sifat pendamai, tidak suka kekerasan. Ia memiliki pribadi yang tenang dan juga penyabar. Selain itu, tipe ini juga memiliki selera humor yang tinggi dan sangat menyenangkan untuk diajak bergaul. Kelemahan tipe ini yaitu kurang antusias, malas, tidak memiliki pendirian yang kuat, sering mengalami perasaan sangat khawatir, sedih, dan gelisah.

Setelah mengetahui beberapa tipe kepribadian di atas, namun Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara pendekatan atau menyesuaikan diri dengan tipe tersebut. Simak penjelasan berikut ini:

1. Tipe sanguinis

Jika Anda sedang melakukan pendekatan dengan tipe kepribadian ini dan ingin bertemu dengannya, maka jangan harap ia datang tepat pada waktunya. Anda harus “tahan banting” bila sedang melakukan pendeketan dengannya karena tipe ini akan melontarkan kata-kata tanpa berpikir terlebih dahulu.

2. Tipe melankolis

Anda harus mengerti tipe kepribadian yang satu ini karena ia sangat perasa dan mudah sakit hati. Selain itu, Anda juga harus mengerti ia bila sedang tidak mau diajak jalan-jalan, karena terkadang ia suka menyendiri. Namun, sesekali Anda harus memujinya dengan penuh kasih sayang.

3. Tipe koleris

Tipe yang satu ini tergolong orang yang perfeksionis, untuk itu Anda harus yang menyesuaikan diri kepadanya. Anda tidak perlu heran bila tipe kepribadian koleris ini terlalu sering untuk memerintah. Bila ia melontarkan kata-kata yang membuat sakit hati, maka Anda perlu memakluminya karena tipe ini menganggap dirinya selalu benar.

4. Tipe phlegmatis

Bila Anda sedang mendekati seseorang yang memiliki tipe phlegmatis, maka ajaklah ia untuk belajar bertanggung jawab ketika melakukan sesuatu. Selain itu, bantulah ia agar memiliki tujuan hidup. Sesekali, Anda perlu mengajaknya bercanda tawa karena tipe ini juga memiliki selera humor yang tinggi.

Itulah berbagai tipe kepribadian yang ada pada setiap orang. Sifat yang ada pada setiap tipe kepribadian tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Namun, kelemahan yang dimiliki setiap orang bisa saja diperbaiki asalkan ada niat untuk mengubahnya. (NR)


comments powered by Disqus