Lagi, Selebaran Berbau SARA Serang Jakarta

by
September 5th, 2012 at 4:25 pm

Illustrasi / Tribunnews

Jakarta (CiriCara.com) - Selebaran berbau SARA kembali beredar di Jakarta. Kali ini, selebaran yang termasuk dikategorikan kampanye hitam (black campaign) tersebut dilaporkan terpampang di Kelurahan Bendungan Hilir dan Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Namun, warga yang merasa gerah akhirnya memutuskan untuk mencabut dan membersihkan kertas berwarna yang menempel di hampir seluruh rumah warga.

Dua selebaran yang beredar menjelek-jelekkan salah satu pasangan calon gubernur DKI. Pertama yang berwarna kuning dengan judul Ayat Suci Di Atas Ayat Konstitusi. Selebaran ini tentunya mengarah kepada Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang pernah mengatakan bahwa lebih tepat untuk patuh kepada ayat konstitusi karena ayat suci lebih mengenai masalah pribadi.

Selebaran kedua berwarna hijau muda dan memiliki judul Dalil Qur’ani Wajib Memilih Pemimpin Muslim Haram Memilih Pemimpin Kafir. Sama seperti yang pertama, selebaran ini juga menyerang Ahok — sapaan akrab basuki. Ia merupakan satu-satunya kandidat dengan kepercayaan non-muslim.

Warga menduga bahwa selebaran berbau SARA tersebut ditempelkan pada Minggu malam hari. Pasalnya, rumah mereka sudah dipenuhi selebaran tersebut pada Senin pagi. “Kami menduga kedua selebaran ini ditempel pada malam hari. Karena Senin pagi, tembok-tembok rumah kami sudah tertempel selebaran ini. Cukup mencolok keberadaan selebaran ini, karena warnanya terang sekali. Ketika kami baca isinya seperti ini,” ujar Cholik, warga setempat seperti dikutip dari Berita Satu.

Isu SARA memang terus menjadi persoalan yang hangat dibicarakan. Menjelang pemilihan gubernur yang dilangsungkan dua minggu lagi, beredar juga spanduk-spanduk yang berbau SARA di jalan-jalan Jakarta. (dd)

Comment di sini