6 Tipe Pengganggu Konsentrasi Ketika di Kantor

by
September 6th, 2012 at 10:54 am

CiriCara.com – Keadaan dan situasi di kantor tentunya berbeda-beda. Perbedaan tersebut terjadi karena orang-orang yang ada di kantor tidak semua memiliki kepribadian yang sama. Suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan tentunya merupakan hal yang sangat diperlukan. Gunanya adalah agar bisa berkonsentrasi untuk bekerja dan merasa lebih betah berada di kantor.

Namun, suasana tersebut cukup sulit didapat karena masih ada saja orang-orang yang mengganggu jalannya pekerjaan. Dikutip dari Tabloidnova, inilah 6 tipe orang yang mengganggu pada saat di kantor:

1. Tukang menghilang

Orang yang termasuk tipe ini merupakan orang yang bila dibutuhkan tetapi ia tidak ada di kantor. Menghilangnya orang tersebut karena tidak memberi alasan apabila tidak masuk ataupun datang terlambat. Tipe orang ini bila ada di kantor cukup menghambat pekerjaan yang lainnya. Ada pun trik untuk mengatasinya yaitu Anda harus berbicara dengannya. Beri tahu dia bila sikapnya itu menghambat pekerjaan kantor. Dan cari soulusi agar tidak ada yang dirugikan.

2. Si pemberontak

Tipe pemberontak yang dimaksud yaitu gemar menolak pekerjaan yang sudah diberikan untuknya atau ia sering kali meminta bantuan kepada orang lain untuk mengerjakan tugasnya. Bila terjadi kesalahan, maka orang lainlah yang menjadi sasarannya. Hati-hati bila ada tipe orang seperti ini di kantor Anda. Trik untuk mengatasinya yaitu ajaklah ia bicara dan jelaskan bahwa setiap orang di kantor memiliki tugasnya masing-masing. Bila ia tetap tidak mengerti, maka Anda perlu membahasnya dengan atasan atau HRD.

3. Si penunda pekerjaan

Tipe ini merupakan orang yang selalu menunda pekerjaannya. Ia juga kerap kali memperlambat ketika memberikan informasi atau data yang Anda butuhkan sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Untuk mengatasi si penunda pekerjaan ini, Anda harus memajukan deadline sehingga tugas dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Bila tidak berhasil, maka tipu ia dengan mengatakan bahwa tugas yang sudah diselesaikannya belum Anda terima. Dengan cara ini, si penunda pekerjaan akan beraksi.

4. Tipe pesaing

Tipe yang satu ini selalu menunjukkan bahwa ia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Ia akan selalu berusaha untuk mengerjakan segala sesuatunya melebihi teman kerjanya. Misalnya, ia melakukan penjualan paling banyak dan rela pulang larut malam. Untuk mengatasinya, ajak ia bicara mengenai sikapnya tersebut. Katakan kepadanya bahwa Anda tidak tertarik untuk melakukan pekerjaan atau pun hal lain dengan cara bersaing.

5. Si tukang kritik

Dalam setiap kantor, pasti ada saja orang yang gemar memberi kritikan untuk teman kantornya. Misalnya, Anda memakai mobil baru lalu ia mengkritik. Si tukang kritik terkadang membuat resah rekan kerja lainnya. Entah apa motivasinya sampai ia berulah seperti itu. Untuk mengatasi si tukang kritik ini, Anda perlu bicara baik-baik dengannya dan sikapilah dengan tenang. Katakan apa yang salah pada diri Anda atau biarkan ia bicara terlebih dahulu untuk mengeluarkan keluhannya. Bila ucapan si tukang kritik benar, maka Anda harus bisa menerimanya.

6. Tipe pamer

Tipe pamer ini bisa saja bolak-balik ke meja Anda hanya untuk menceritakan pacar terbarunya. Ia selalu menceritakan kepada Anda mengenai hal-hal yang membuat senang atau memamerkan suatu barang. Tipe ini bila ada di kantor, tentu saja membuat Anda menjadi tidak konsentrasi untuk bekerja. Untuk mengatasinya, katakanlah kepadanya untuk tidak mengobrol pada saat jam kerja. Bila ingin mengobrol atau memamerkan sesuatu bisa dilakukan pada saat jam makan siang atau pulang kerja.

Itulah enam tipe orang yang cukup menganggu ketika pada saat di kantor. Jika Anda memiliki teman kantor yang memiliki sikap seperti itu, hadapilah dan bicarakan baik-baik dengannya demi menciptakan suasana kantor yang tenang dan nyaman. (NR)

Comment di sini