ASUS Stop Produksi Netbook Gara-gara Tablet Menjamur

by
September 6th, 2012 at 3:10 pm

Jakarta (CiriCara.com)Netbook atau komputer genggam dengan ukuran layar sekitar 10 hingga 12 inch memang menguasai pasar Asia beberapa tahun lalu. Namun sekarang eksistensinya telah tergeser oleh keberadaan komputer tablet yang menjamur.

Vendor besar asal Taiwan seperti ASUS pun, berencana untuk mengakhiri produksi netbook tahun ini. ASUS yang terkenal dengan seri netbook-nya Asus Eee PC yang menggunakan prosesor Intel Atom N2600 akan mengisi pasaran netbook yang telah meluas dengan perangkat tablet seri Transformer, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis 6 September 2012.

Bukan hanya karena masalah komputer tablet yang kian menjamur yang menjadi alasan kuat bagi ASUS untuk menghentikan produksi netbook. Penjualan di sektor notebook pun nilainya dianggap lebih tinggi dari penjualan netbook.

Jerry Shen, CEO Asustek, juga membenarkan jika ASUS telah siap untuk menghentikan produksi netbook karena langkanya permintaan akan komputer jenis ini. Bahkan ASUS telah siap untuk keluar dari industri pembuatan netbook dengan hanya menghabiskan sisa-sisa netbook yang belum dipasarkan.

Penutupan sektor produksi netbook tidak hanya dilakukan oleh ASUS tapi juga vendor Taiwan lain seperti Acer yang hingga saat ini belum membuat proyek netbook seri terbaru untuk dipasarkan. Vendor lain seperti Micro-Star International (MSI) juga sudah menghentikan produksi netbook dengan prosesor sekelas Intem Atom N2800 karena keberadaan komputer tablet di pasaran.

Dengan keputusan ini, apakah tahun depan netbook akan benar-benar lenyap di pasaran? (RN)

Comment di sini