Cara Unik Perempuan India Melindungi Tetangga yang Dituduh Penyihir

by
September 6th, 2012 at 3:27 pm

Live Science

CiriCara.com– Kondisi wanita-wanita suku pedalaman di India sungguh memprihatinkan. Dengan keterbatasan yang dimiliki, mereka harus bertahan hidup beserta dengan anak-anaknya. Ditambah lagi isu praktik magis yang tersebar luas membuat mereka semakin sulit untuk bertahan hidup, karena warga desa memburu setiap wanita yang dituduh penyihir atau dukun.

Untuk mengentaskan keterbelakangan dan kemiskinan yang melanda wilayah pedalaman ini, dibentuklah sebuah program yang berjanji akan memberikan pinjaman kecil bagi para wanita suku India ini. Syaratnya, mereka dapat membantu melindungi wanita lain yang dituduh menjadi penyihir atau “orang pintar” di daerah tersebut.

Menurut para peneliti yang bekerja pada perkebunan teh Jalpaiguir, para wanita desa pedalaman India ini tidak hanya dapat menghasilkan uang dengan bergabung pada program tersebut, tapi mereka juga dapat membantu mencegah perburuan para tetangga mereka yang dianggap penyihir dan melakukan praktik magis.

Menurut Soma Chaudhuri, seorang sosiolog dari Michigan University yang sudah 7 bulan mendalami tentang perburuan para dukun ini, mengatakan bahwa kelompok dukungan yang terdiri dari 8 hingga 10 wanita suku pedalaman ini telah berhasil melindungi para wanita lain yang dituduh penyihir dari serbuan warga desa setempat.

Seperti kasus yang terjadi pada 2003, penduduk desa ini menangkap wanita-wanita yang katanya ketahuan menggunakan peralatan magis untuk menyerang wanita lain dengan rasa sakit perut yang luar biasa. Para penyihir wanita tersebut ditangkap dan dibunuh.

Soma juga menambahkan peran dan perburuan dukun di desa ini adalah isu yang sudah ada sejak dahulu kala. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya pengetahuan warga desa tersebut. Mereka tidak dapat baca-tulis dan hidup dalam kemiskinan dalam waktu yang sangat lama. Hal inilah yang membuat mereka percaya pada kebenaran tentang adanya penyihir di wilayah tersebut, apalagi ketika penyakit datang melanda dan tidak ada dokter yang dapat mengobati.

Akan tetapi, secara tidak langsung, program simpan-pinjam ini dapat membantu wanita-wanita suku pedalaman melawan tradisi dukun yang sudah lama melekat. Selain itu, mereka juga dapat membantu sesamanya untuk bertahan hidup dan terhindar dari serangan warga yang menuduh tetangganya adalah seorang penyihir, serta mendorong mereka untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, karena hasil pinjaman tersebut dapat digunakan untuk berdagang telur, baju, atau membuka rumah jahit.

Meski pinjaman yang dijanjikan tidak banyak, terbukti bahwa wanita-wanita suku pedalaman ini tetap dapat bertahan hidup dengan banyak anak. Uang pinjaman yang mereka dapat hanyalah sebesar 750 rupee India atau 18 dollar Amerika (170.000 rupiah). Tidak hanya itu saja, isu tentang penyihir dan jumlah korban wanita tewas karena dituduh penyihir pun, semakin berkurang.

Jadi, cara unik wanita suku pedalaman di India dalam melindungi tetangganya yang dituduh penyihir adalah dengan bergabung pada program penghentian berburu penyihir. Inilah cara unik yang dikeluarkan pemerintah India untuk mengentaskan kemiskinan dan juga pembantaian yang menggunakan istilah “penyihir” sebagai alasannya. (yk)

Live Science

Comment di sini