CiriCara: Cara Kendalikan Marah yang Meledak-ledak

by
September 6th, 2012 at 11:18 am

CiriCara.com – Apakah tekanan darah kamu seolah langsung naik saat ada yang membantah perkataan kamu? Jika iya, itu artinya kamu adalah orang yang pemarah. Jika tidak ingin dijauhi oleh orang disekeliling kamu, lebih baik kendalaikanlah marah kamu.

Kemarahan adalah bagian dari emosi yang terbilang normal, bahkan sehat. Tapi jika marah itu muncul secara belebihan itu tidak akan baik. Pasalnya kemarahan yang tidak terkontrol dapat membahayakan kesehatan dan hubungan kamu dengan orang lain.

Karenanya penting untuk kamu bisa mengendalikan marah kamu. Berikut cara mengendalikan marah yang meledak-ledak:

1. Buat waktu jeda

Sebelum kamu marah dan mengeluarkan kata-kata kasar, ada baiknya kamu buat waktu jeda dulu. Menghitung sampai 10 dapat membantu meredam emosi kamu. Jika masih tidak bisa, lebih baik segera menyingkir atau menjauh dari orang yang membuat kamu marah. Cara ini ampuh untuk mengendalikan emosi.

2. Ekspresikan kemarahan

Setelah kamu menahannya beberapa saat, luapkanlah emosi kamu di suatu benda. Mengekspresikan kemarahan dengan menggambar, teriak ditutup bantal, menangis, atau mendengarkan musik keras akan membuat kamu untuk lebih tenang.

3. Lakukan olah fisik

Saat kamu merasa akan marah, ada baiknya kamu luapkan dengan lakukan olah fisik. Pergi ke luar rumah dan lari secepat mungkin, atau pergi melakukan kegiatan fisik lainnya akan membantu menurunkan emosi kamu. Keringat yang keluar akan membuat perasaan lega.

4. Gunakan humor

Saat suasana mulai tegang, ada baiknya kamu memberikan lelucon namun tidak menyinggung. Humor atau lelucon ternyata bisa mendinginkan suasana yang mulai memanas. Jika tidak bisa bersikap humoris, kamu bisa menonton acara humor di televisi.

5. Lakukan relaksasi

Saat marah, ada baiknya kamu melakukan relaksasi untuk meregangkan otot-otot yang tegang. Caranya, tarik nafas dengan santai, mendengarkan musik lembut, pergi tidur, atau berbicara pada diri sendiri seperti “jangan marah” juga bisa membantu redam amarah kamu.

6. Tidak jadi pendendam

Memendam dendam hanya akan membuat kamu lebih mudah meledak saat marah. Cobalah untuk belajar memaafkan orang lain. Dan lupakanlah semua dendam dan amarah kamu yang sudah lalu. Ini adalah masa depan, buat apa kamu terus melihat ke belakang.

7. Pikirkan diri sendiri

Untuk meredam amarah, cobalah untuk memikirkan diri sendiri bukan orang lain. Mengingat keburukan orang lain hanya akan membuat kamu semakin kesal. Cobalah untuk berfokus pada diri kamu sendiri dan pikirkanlah resiko yang akan terjadi saat kamu marah.

8. Pikirkan resiko dari marah

Untuk bisa mengendalikan marah, kamu harus tahu hal buruk yang terjadi ketika marah. Melempar barang berharga hanya karena kamu sedang marah itu hanya akan membuat kamu rugi. Menyakiti orang yang membuat kamu marah, penjaralah hukumannya. Pikirkanlah, apakah kamu mau dipenjara atau bangkrut karena marah?

Itulah cara yang bisa digunakan untuk meredam amarah yang meledak-ledak. Yang terpenting dari semua itu adalah kamu harus bisa bersikap sabar dan tenang. Karena emosi hanya bisa dikendalikan jika kamu tenang. (YG)

Comment di sini