CiriCara: Cara Membuat Nasi Goreng Spesial

by
September 6th, 2012 at 4:47 pm

CiriCara.comNasi goreng juga sudah menjadi menu hidangan yang paling mudah untuk dimasak dan disantap. Tak jarang orang-orang menjadikan nasi goreng sebagai menu sarapan. Tetapi, banyak juga di antara mereka yang menyantapnya sebagai menu makan siang, dan makan malam.

Selain itu, nasi goreng bukan hanya menu yang terkenal di Indonesia atau Asia saja, tapi juga sampai ke Amerika Serikat. Itulah sebabnya, menu yang juga dikenal dengan nama Fried Rice ini, telah mengalami beberapa pergeseran resep dari resep awalnya.

Inilah resep nasi goreng spesial ala CiriCara.com

Bahan-bahan :

500 gr nasi putih yang sudah dimasak terlebih dahulu (jangan gunakan beras yang berjenis pulen)
2 buah telur ayam
200 gr dada ayam (potong-potong dadu)
2 buah sosis (potong bulat-bulat)
5 buah udang kupas

Bumbu:

1 buah bawang Bombay (cincang kasar)
2 siung bawang putih (cincang halus)
3 siung bawang merah (iris tipis)
3 buah cabai merah besar (iris kasar)
2 sdt kecap asin
2 sdm kecap manis
Garam dan lada secukupnya
Minyak untuk menumis secukupnya

Pelengkap:

1 buah tomat (cuci dan diiris untuk hiasan)
1 buah mentimun (cuci dan potong serong)
Saus sambal secukupnya
Kerupuk

Cara membuat:

Langkah pertama:

- Membuat telur dadar untuk pelengkap:

* Kocok lepas 1 butir telur yang sudah ditaburi garam dan lada secukupnya.

* Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan telur yang sudah dikocok tersebut. Masak hingga matang, kemudian angkat dan sisihkan.

Langkah kedua:

-Menggoreng nasi:

1. Panaskan minyak untuk menumis pada wajan. Jika minyak sudah betul-betul panas, masukkan bawang Bombay yang sudah dicincang, aduk hingga layu dan aromanya keluar. Kemudian, masukkan bawang merah dan bawang putih secara bersamaan. Aduk kembali, jangan sampai bawang tersebut menjadi gosong.

2. Jika semua bawang sudah layu dan harum, pecahkan 1 butir telur lainnya ke dalam wajan. Lalu, langsung aduk hingga telur menjadi hancur.

3. Kemudian, masukkan potongan dada ayam dan udang yang sudah dikupas. Aduk hingga ayam dan udang tersebut berubah warna, lalu tambahkan sosis ke dalamnya.

4. Sambil terus mengaduk bahan-bahan tersebut, masukkanlah nasi putih yang sudah disiapkan. Taburi dengan garam dan lada secukupnya, lalu tambahkan kecap manis dan kecap asin. Aduk lagi hingga semua bumbu tercampur rata.

5. Aduk terus semua bahan yang sudah tercampur dalam wajan secara perlahan, jangan biarkan nasi menempel pada wajan dan menjadi gosong. Sesaat sebelum diangkat, masukkanlah potongan cabai merah besar yang sudah disiapkan. Hal ini bertujuan agar cabai tersebut tidak terlalu layu dan aroma pedasnya masih tercium.

Cara penyajian:

Angkat nasi goreng yang sudah matang tersebut, kemudian tatalah di piring dengan telor mata sapi yang sudah disisihkan tadi, irisan tomat dan mentimun sebagai hiasan di pinggir piring, dan jangan lupa beri tambahan saus sambal dan kerupuk.

Nasi Goreng Spesial pun siap dihidangkan selagi hangat.

(yk)

Comment di sini