CiriCara: Cara Memilih Sisir yang Tepat Untuk Rambut

by
September 6th, 2012 at 3:04 pm

CiriCara.com – Memiliki rambut yang sehat dan indah sering menjadi impian bagi setiap wanita. Untuk memiliki rambut yang sehat, tentunya membutuhkan biaya. Misalnya, untuk membeli sampo, creambath di salon, dan lain sebagainya.

Selain hal tersebut, untuk memiliki rambut yang indah juga ditunjang oleh pemilihan jenis sisir yang tepat. Setiap kali Anda menyisir, sering kali hasilnya tidak sesuai dengan keinginan atau malah membuat rambut menjadi rontok. Untuk menghindari hal tersebut, simak jenis sisir dan fungsinya berikut ini:

1. Sisir garpu

Sisir yang memiliki sebutan the pick ini memiliki bentuk menyerupai garpu makan. Bila rambut Anda keriting, maka sisir ini sangat tepat karena bisa memisahkan rambut ikal atau keriting yang kusut. Selain itu, sisir garpu juga dapat digunakan untuk mempertegas efek gelombang pada tatanan rambut. Bila rambut Anda sedang dalam keadaan basah, maka pakailah sisir ini untuk menyisir. Sisir garpu memiliki gigi-gigi yang renggang sehingga membuat rambut Anda mudah disisir dan mencegah kerontokan pada rambut.

2. Sisir bergerigi

Desain yang dimiliki sisir bergerigi sangat praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Bentuknya yang lurus, pipih, dan bergerigi ini selalu dipakai kebanyakan orang untuk penataan rambut sehari-hari. Namun, sisir bergerigi ini terdapat 2 macam, yaitu sisir bergigi rapat dan sisir begigi jarang. Fungsi sisir bergigi rapat yaitu membuat rambut menjadi lebih rapi dan mengembang, sedangkan sisir bergigi jarang dapat membuat rambut menjadi tidak rontok. Bila Anda memiliki rambut pendek, maka sisir bergerigi yang bergigi jarang sangat pas digunakan.

3. Sisir sasak

Sisir sasak biasa ditemukan di salon, karena biasanya mereka menggunakan ini untuk merapikan rambut sebelum dipotong. Sisir ini memiliki gigi yang sangat rapat pada setengah bagian badan sisir, sedangkan setengahnya lagi tidak bergigi dan menyerupai ekor sisir. Fungsi sisir ini adalah untuk menyasak rambut, sehingga penataan rambut menjadi lebih mudah. Sementara itu, ekor sisir berfungsi untuk membentuk belahan rambut, seperti model kepang, keriting, atau tatanan rambut lainnya. Sisir sasak tidak baik digunakan untuk menyisir rambut sehari-hari karena membuat rambut mudah patah dan rontok.

4. Sisir bulat

Bila Anda memakai sisir bulat, maka tatanan rambut akan menjadi melengkung ke dalam. Jenis sisir ini juga memiliki diameter yang berbeda, ada yang berdiameter kecil dan ada juga yang besar. Jika berdiameter kecil dan bergigi panjang, maka efek keriting yang dihasilkan akan lebih kecil. Sedangkan, jika berdiameter besar akan menghasilkan keriting yang lebih besar dan rambut yang melengkung ke dalamnya lebih banyak.

Setelah mengetahui jenis sisir dan fungsinya tersebut, sebaiknya Anda perlu memperhatikan sisir yang Anda pakai. Pakailah sisir berdasarkan jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan rambut lebih rapi. (NR)

Comment di sini