CiriCara: Cara Menjual Rumah Tanpa Perantara

CiriCara.com – Menjual rumah seperti halnya membeli rumah yaitu “gampang-gampang susah”. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan bila ingin menjual rumah, antara lain memasang iklan, menghubungi perantara, dan lain sebagainya.

Namun, bila menjual atau membeli rumah dengan perantara biasanya akan mengeluarkan uang lebih untuk membayar si perantara tersebut. Bila Anda ingin menjual rumah sendiri atau tanpa perantara, maka simak tips berikut ini:

1. Pasang papan tanda dijual

Bila ingin menjual rumah, maka Anda harus melakukan promosi agar diketahui orang lain. Salah satu promosi yang dapat dilakukan yaitu memasang papan tanda “dijual tanpa perantara” di depan rumah yang akan dijual. Selain itu, pada papan tersebut Anda juga bisa meletakkan nomor ponsel. Gunakan tulisan yang jelas agar mudah dibaca oleh orang yang melintas di sekitar rumah yang akan dijual.

2. Pasang iklan di media cetak

Anda harus rajin memasang iklan di media cetak, seperti koran, majalah properti, atau media cetak lainnya. Pasang iklan di media tersebut pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Mengapa? Karena biasanya orang-orang yang sedang mencari rumah akan membaca koran pada hari-hari tersebut sambil mengisi waktu senggangnya.

3. Sebarkan iklan melalui media sosial

Saat ini kemajuan teknologi sudah canggih. Untuk itu, bila Anda ingin menjual rumah tanpa perantara bisa dilakukan dengan cara menyebarkan iklan melalui media sosial, seperti BBM, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya. Pasang iklan semenarik mungkin di media sosial agar orang lain tertarik untuk bertanya-tanya atau membeli rumah yang Anda jual. Namun, tetap hati-hati bila memakai cara ini karena masih banyaknya penipu di luar sana yang pura-pura ingin membeli padahal ingin merampok.

4. Aktifkan selalu ponsel

Bila Anda sudah meletakkan nomor ponsel di iklan tersebut, maka Anda harus siap siaga yaitu selalu mengaktifkan ponsel. Anda tentunya tidak bisa menebak kapan calon pembeli akan menelepon. Jika ada calon pembeli yang menelepon, maka Anda harus mendeskripsikannya dengan jelas agar ia minat untuk mengunjungi rumah yang akan dijual ataupun langsung membelinya.

Keempat cara diatas dapat Anda lakukan bila saat ini ingin menjual rumah. Perlu diketahui juga bahwa menjual rumah tanpa perantara memiliki keuntungan tersendiri, yaitu proses penawarannya tidak memakan biaya, harga jual sesuai yang Anda inginkan, dan lain sebagainya. (NR)


comments powered by Disqus