CiriCara: Cara Menyiapkan Kredit Rumah

by
September 6th, 2012 at 1:58 pm

CiriCara.com – Rumah menjadi kebutuhan setiap orang yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau berlindung, mendidik anak-anak, tempat beribadah bersama keluarga, dan lain sebagainya. Tak jarang ditemukan, seseorang yang belum menikah pun ingin memiliki rumah sendiri agar terjamin di masa yang akan datang.

Memiliki rumah sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan membelinya secara tunai dan kredit. Mengkredit  rumah merupakan ikatan, komitmen, atau perjanjian utang-piutang terbesar dan terpanjang karena dengan harga rumah yang mahal, maka semakin besar pula kredit rumah yang dibutuhkan dan semakin panjang pula waktu untuk mengembalikannya.

Saat ini membeli rumah secara kredit banyak disuplai dari bank yang membuat berbagai penawaran untuk menarik minat masyarakat. Namun, persyaratan untuk meminjam uang dari bank cukup rumit. Misalnya proses administrasi dan legalisasi, biaya pengikatan kredit, dan biaya administrasi lainnya. Tidak heran bila kebanyakan orang menganggap proses mendapatkan kredit rumah itu sangat rumit.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah dengan cara kredit, sebaiknya perlu mengetahui beberapa hal berikut ini yang dicuplik dari Perencanakeuangan.com:

1. Penghasilan

Sebelum Anda mengajukan permohonan untuk meminjam uang dari bank, terlebih dahulu pastikan penghasilan yang Anda dapat per bulannya. Biasanya bank menggunakan metode yang sederhana yaitu menggandakan penghasilan utama ditambah penghasilan kedua.

Contohnya, bila pasangan suami istri mengajukan kredit rumah, di mana penghasilan suami 5 juta rupiah per bulannya atau 60 juta rupiah per tahunnya dan penghasilan istri 3 juta rupiah per bulannya atau 36 juta rupiah per tahunnya, maka bank akan memberikan maksimal pinjaman sampai dengan jumlah 216 juta rupiah. Namun, bila Anda masih lajang, yang diperhitungkan adalah penghasilan utama saja. Kriteria yang dibuat bank ini dapat disimpulkan bahwa semakin besar penghasilan Anda, maka uang yang akan Anda terima juga akan besar.

2. Utang atau kewajiban yang sedang dilakukan

Jika Anda ingin membeli rumah dengan meminjam uang dari bank dan Anda masih membayar cicilan yang lainnya, maka pihak bank akan mengurangi jumlah pinjaman yang bisa diberikan berdasarkan penghasilan Anda. Tujuan pihak bank menerapkan hal tersebut adalah agar Anda tidak mengalami likuiditas selama dalam masa pembayaran kredit rumah.

3. Besarnya pembiayaan sendiri

Besarnya jumlah kredit rumah disesuaikan dengan harga rumah yang akan Anda beli. Pada umumnya bank tidak akan memberikan 100% pinjaman berdasarkan harga rumah, namun rata-rata hanya sekitar 70% saja dari harga rumah tersebut. Dan sisanya memakai uang Anda sendiri. Perlu diingat juga bahwa bila Anda ingin membeli rumah dengan cara kredit, namun uang muka secara tunai juga harus Anda persiapkan. Semakin besar kemampuan Anda membayar uang muka, maka peluang Anda lebih besar untuk mendapatkan kredit rumah.

4. Sejarah utang sebelumnya

Jika Anda pernah memiliki sejarah utang yang kurang baik sebelumnya, maka jangan heran jika pada saat ini Anda sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Sejarah utang Anda yang dilihat bank, seperti apakah pernah mempunyai cicilan utang yang macet dan belum selesai sampai saat ini, apakah pernah berurusan dengan pengadilan mengenai pinjam-meminjam uang, dan lain sebagainya.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengatakan terlebih dahulu kepada pihak bank sebelum mereka menanyakannya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepercayaan bank kepada Anda. Besar kecilnya pinjaman yang diberikan juga tergantung risiko gagal bayar yang penah Anda alami sebelumnya.

5. Keberlangsungan penghasilan Anda

Bank lebih menyukai calon peminjam yang masa kerjanya stabil dengan peningkatan karier yang cukup baik. Paling tidak Anda bekerja di perusahaan saat ini sudah berlangsung selama 2 tahun dan sudah diangkat sebagai pegawai tetap. Namun, buat yang memiliki usaha akan dipertimbankan mengenai lamanya bisnis itu dijalankan. Semakin terjamin keberlangsungan penghasilan Anda di masa depan, maka kemungkinan bank akan memberikan pinjaman yang semakin besar pula.

Bila ingin membeli rumah dengan cara kredit, maka harus dipersiapkan dahulu segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari uangnya, risikonya, dan lain sebagainya. Perlu diingat juga agar tidak meminjam uang pada bank melebihi kemampuan yang Anda miliki karena bisa merugikan diri sendiri. (NR)

Comment di sini