CiriCara: Cara Merawat Mukena yang Benar

by
September 6th, 2012 at 3:39 pm

CiriCara.com – Saat ini mukena yang beredar di pasaran sangat beragam model dan coraknya. Mulai dari yang bercorak polos hingga berpola ramai. Harga mukena juga berbeda-beda karena tergantung dari bahan yang digunakan.

Mukena biasa dipakai oleh umat muslim wanita ketika sedang menunaikan ibadah salat. Mukena dipakai setidaknya 5 kali dalam sehari. Sebagian umat muslim wanita mengeluh bahwa mukena yang baru terkadang tidak awet ataupun mudah sobek. Hal tersebut sebenarnya bisa dihindari asalkan Anda merawat mukena itu dengan benar.

Agar mukena tetap awet, Anda perlu merawatnya dengan cara berikut ini:

1. Menggantung mukena setelah dipakai

Bila Anda selesai salat, maka lebih baik mukena digantungkan saja dengan hanger. Tujuannya adalah agar mukena yang tadinya basah dengan air wudhu, bisa menjadi kering kembali bila digantungkan. Apabila Anda melipat mukena sehabis salat, maka mukena akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menjadi tidak nyaman dipakai.

2. Jangan mencucinya dengan mesin cuci

Cara mencuci mukena yang benar adalah cukup merendamnya saja dengan air hangat lalu beri sedikit deterjen. Bila Anda memiliki mukena yang bermotif, maka jangan sekali-kali menggunakan pemutih karena warna mukena nantinya akan tidak mengkilat.

3. Jangan memerasnya

Hindari untuk memeras mukena karena akan membuat mukena cepat rapuh. Setelah direndam beberapa jam, Anda bisa membuang airnya lalu mukena dikibaskan agar tidak terlalu banyak air yang melekat.

4. Jangan menjemur langsung di bawah sinar matahari

Mukena yang sudah dicuci, alangkah baiknya dikeringkan dengan cara diangin-anginkan saja. Tidak disarankan untuk menjemurnya langsung di bawah sinar matahari karena bisa membuat warna mukena itu menjadi cepat pudar.

5. Setrika mukena

Bila menyetrika mukena, maka gunakanlah suhu yang tidak terlalu panas. Tujuannya adalah agar mukena tidak mudah rapuh.

6. Simpan dengan rapi

Setelah proses pencucian dan pengeringan sudah dilakukan, lipat mukena dengan rapi dan letakkan di tempat yang kering.

Bila mukena dirawat dengan benar, maka bisa awet untuk beberapa tahun ke depan. Untuk itu, merawat mukena sangat penting dilakukan demi kenyamanan Anda menunaikkan ibadah salat. (NR)

 

Comment di sini