Dua Pulau Eksotis Indonesia Dijual Online

by
September 6th, 2012 at 11:35 am

Pikiran Rakyat

Jakarta (CiriCara.com) – Sebuah situs penjualan pulau internasional, www.privateilandonline.com sedang menjadi sorotan karena menawarkan dua pulau milik Indonesia yaitu Pulau Gambar di Laut Jawa dan Pulau Gili Nanggu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Meskipun banyak menuai kontroversi karena dinilai tengah melanggar kedaulatan RI, Hikmahanto Juwana, seorang Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia mengatakan bahwa yang terpampang dari iklan tersebut bukan penjualan pulau dalam konteks kedaulatan.

Dikutip dari Detik.com, Kamis 6 September 2012, Hikmahanto mengatakan bahwa iklan ‘Island for Sale in Indonesia’ menjual pulau dalam konteks kepemilikan hak atas tanah yang berada di pulau dan bukan mengenai kedaulatan sebuah negara.

Menurut beliau, ada dua pemahaman mengenai iklan penjualan pulau yang sedang diperdebatkan itu. Pertama pemahaman dari kepemilikan negara atas pulau tersebut, dan kedua adalah hak atas tanah dari pulau yang dikeluarkan oleh negara kepada warga atau badan hukum.

Hikmahanto menambahkan jika suatu negara akan terikat dengan konstitusi dan peraturan perundang-undangan apabila hendak mengalihkan pulaunya ke negara lain. Pemerintah juga tidak diperbolehkan melakukan perubahan tapal batas wilayah melalui perjanjian internasional tanpa persetujuan DPR sesuai peraturan Undang-undang Perjanjian Internasional dan Undang-undang Wilayah Negara.

Penjualan yang dilakukan atas dua pulau ini sah dan tidak menyinggung kedaulatan sebuah negara karena penjualan tidak dilakukan oleh negara kepada negara lain dan aparat yuridikasi sebuah negara termasuk Polisi masih bisa berwenang di pulau itu.

Pulau Gambar di kawasan Laut Jawa ditawarkan sekitar USD 725 ribu atau setara dengan Rp 6,8 miliar dengan luas sekitar 2,2 hektar. Di pulau ini, para pengunjung bisa menyelam, snorkelling dan memancing.

Sedangkan Pulau Gili Nanggu di Lombok yang memiliki luas 4,99 hektar itu ditawarkan seharga Rp 9,9 miliar dengan fasilitas 10 unit cottage, 7 unit bungalow, 1 unit restoran dan mini bar serta fasilitas tambahan lainnya. (RN)

Comment di sini