Isu Hacker Bobol Apple Hanya Hoax Belaka

by
September 6th, 2012 at 3:51 pm

New York (CiriCara.com) – Dua belas juta pengguna produk Apple seperti iPod, iPhone, dan iPad dibuat resah dengan munculnya berita tentang seorang hacker yang mengaku telah meretas laptop agen FBI yang berisi data-data penting perusahaan tersebut.

Namun menurut Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat, tidak ada bukti kuat yang mendukung pernyataan hacker tentang laptop agen FBI berisi data perusahaan Apple yang dibajak, seperti dilansir dari Tempo.co, Rabu, 5 September 2012.

Isu peretasan data pengguna Apple mencuat ketika Senin lalu, 3 September 2012, kelompok hacker “AntiSec” mengunggah file internet yang berisi lebih dari satu juta angka yang merupakan data-data dari perusahaan Apple yang didapat setelah mencuri laptop atau komputer jinjing seorang agen FBI pada bulan Maret lalu.

Data-data tersebut berisi angka-angka yang tidak biasa. Angka-angka ini dinamakan Unique Device Identifiers (UDID) yang merupakan kombinasi huruf dan angka untuk menunjukkan  produk Apple yang telah menyebar ke konsumen di seluruh penjuru dunia.

AntiSec mengumumkan nama, Christopher Stangl si agen FBI yang laptopnya mereka retas. Katanya lagi, mereka mengambil data milik perusahaan Apple itu dengan memanfaatkan kerusakan di software Java laptop.  Daftar dari komputer Stangl yang mengandung UDID dipakai oleh lebih dari 12.367.232 perangkat Apple.

Namun Stangl tidak menggubris tuduhan itu begitu juga dengan Apple yang terkesan cuek dengan kabar heboh ini. Mereka menganggap berita tersebut hanya hoax atau omong kosong belaka. (RN)

Comment di sini