4 Hal yang Membuat Tingkat Kesuburan Menurun

by
September 7th, 2012 at 4:10 pm

CiriCara.com – Berbagai makanan yang Anda santap setiap harinya tentunya memiliki kandungan yang bisa menyehatkan tubuh. Selain itu, manfaat lain dari makanan yaitu bisa meningkatkan kesuburan. Makanan tersebut, seperti daging merah, kacang, bawang putih, kentang panggang, dan lain sebagainya.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat makanan dan hal lain yang bisa membuat kesuburan menurun? Untuk mengetahui berbagai hal tersebut, simak tips berikut ini:

1. Mengonsumsi cheese burger

Salah satu makanan siap saji  ini sangat digemari bagi sebagian orang di Indonesia. Makanan yang cukup mengenyangkan, namun ternyata berbahaya bagi kesehatan. Makanan lezat yang satu ini mengandung banyak lemak jenuh yang sangat tinggi dalam daging dan kejunya. Kandungan lemak yang ada pada cheese burger bisa menyumbat pembuluh arteri Anda, khususnya arteri pada vagina dan penis. Bila Anda terlalu sering mengonsumsi ini, maka kurangilah agar kesuburan Anda tidak menurun.

2. Mengonsumsi muffin

Bentuknya yang tidak terlalu besar dan rasanya yang manis ini ternyata mengandung lemak trans yang berbahaya. Lemak ini bisa bisa menaikkan kadar kolesterol jahat dan akhirnya menyumbat jantung. Selain itu, lemak ini juga akan menurunkan kadar hormon testosteron pria. Bila terlalu sering mengonsumsi ini, maka akan membuat dorongan seksual dia berkurang.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai

Berbagai produk makanan yang berbahan dasar kedelai, ternyata bila Anda terlalu sering mengonsumsinya bisa menurunkan kesuburan. Makanan yang mengandung estrogen yang cukup tinggi ini juga bisa menyebabkan gairah seks pria berkurang. Hasil studi pada tahun 2008 yang dimuat dalam jurnal Human Reproduction menemukan bahwa kedelai dapat menurunkan jumlah produksi sperma.

4. Melakukan olahraga yang berat

Selain ketiga makanan tersebut, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan agar kesuburan tidak menurun, yaitu tidak melakukan olahraga yang berat. Lauren Wise, profesor epidemiologi di Boston University School of Public Health mengatakan, “Olahraga keras dan berlebihan sangat erat dengan penurunan tingkat kesuburan perempuan dengan berat badan normal, namun tidak bagi perempuan dengan kondisi obesitas.” Untuk itu disarankan agar tidak mengangkat beban melebihi berat badan Anda.

Memperhatikan kandungan yang ada dalam makanan dan olahraga yang baik sangat diperlukan agar tidak menurunkan kesuburan Anda. Bila kesuburan menurun, maka ketika melakukan hubungan seksual menjadi kurang menyenangkan. (NR)

Comment di sini