CiriCara: 8 Cara Agar Bersemangat di Pagi Hari

by
September 7th, 2012 at 9:40 am

CiriCara.com – Ketika Anda terbangun dari tidur pada pagi hari terkadang ada perasaan malas untuk memulai beraktivitas. Rasa malas itu disebabkan karena tidur larut malam, beraktivitas terlalu lelah, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang bisa mengatasi rasa malas ini, seperti memulai harinya dengan meminum secangkir kopi, berolahraga beberapa menit, menonton televisi, dan lain sebagainya. Padahal jika Anda memulai hari dengan bersemangat, maka aktivitas yang akan dijalani pada hari itu akan menjadi lebih fokus dan menyenangkan.

Dikutip dari Prevention Indonesia, berikut 8 kegiatan agar membuat hari lebih bersemangat:

1. Melihat sesuatu yang berwarna

Ketika Anda bangun dari tidur, lihatlah sesuatu yang berwarna di sekitar kamar Anda. Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif dari Pantone Color Institute mengatakan, “Jika melihat sesuatu yang berwarna pada saat membuka mata pada pagi hari, maka adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong.”¬†Arahkan mata Anda untuk melihat sesuatu yang berwarna merah, oranye, kuning, atau hijau.

2. Melihat bunga mawar

Nancy Etcoff, PhD, anggota Harvard Medical School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative mengatakan, “Dengan melihat sekuntum bunga mawar ketika bangun, akan meningkatkan mood dan semangatnya akan bertahan sepanjang hari.”

3. Tidak memencet “Snooze” pada alarm

Ketika seseorang memasang alarm agar terbangun tepat waktu pada pagi hari, terkadang orang itu menekan tombol snooze untuk melanjutkan tidurnya kembali. Jodi Mindell, PhD dari The Sleep Disorders Center at the Children’s Hospital of Philadelphia mengatakan, “Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam di mana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze.”

4. Berpikir sejenak

Setelah Anda sudah benar-benar sadar, tutuplah kembali mata untuk mencanakan kegiatan yang akan Anda lakukan pada hari itu. Dana Lightman, PhD, salah seorang psikolog mengatakan bahwa berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan otomatis Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas.

5. Minum air putih

Minum air putih sangat baik dilakukan bila Anda terbangun dari tidur. Holly Andersen, MD, seorang asisten profesor di Weil Cornel Medical Center mengatakan, “Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme di dalam tubuh akan bekerja keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ.” Untuk itu, minumlah segelas air putih agar bersemangat dan tidak lesu untuk memulai aktivitas selanjutnya.

6. Sinar matahari

Biarkan sinar matahari masuk ke rumah Anda pada pagi hari. Selain itu, biarkan juga tubuh Anda mengenai matahari itu agar membuat tubuh sehat. James B. Mass, PhD, seorang profesor psikologi di Cornell University mengatakan bahwa cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan membuat Anda tidak mengantuk dan memicu mood agar semakin bersemangat.

7. Memijat wajah

Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuat wajah menjadi tidak kaku. Pijatlah area sekitar wajah mulai dari daerah kening, pipi lalu daerah dagu dan sampai keseluruhan bagian wajah. Lakukan pemijatan dengan memukul wajah dengan telapak tangan secara perlahan.

8. “Bermain” sedikit

Helen E. Fisher, PhD, seorang antropolog dari Rutgers University mengatakan, “Melakukan seks di pagi hari bisa meningkatkan mood Anda karena beberapa hormon akan keluar dan meningkatkan stamina, energi dan ketenangan Anda.” Salah satu cara ini disarankan bagi yang sudah menikah.

Bila pagi hari diawali dengan kegiatan yang menyenangkan, maka aktivitas Anda selanjutnya juga akan lebih menyenangkan. Untuk itu, terapkanlah cara di atas agar membuat hidup lebih sehat dan aktivitas lancar. (NR)

Comment di sini