CiriCara: Cara Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

by
September 7th, 2012 at 2:24 pm

CiriCara.com – Hobi merupakan sebuah pemenuhan kebutuhan batiniah untuk melepaskan diri dari kejenuhan dan kelelahan karena rutinitas sehari-hari. Namun, ternyata dari hobi bisa menghasilkan uang. Misalnya, Anda memiliki hobi fotografi yang gemar memburu tempat-tempat yang unik dan indah. Hobi ini bisa dijadikan lahan bisnis, seperti membuka jasa pre wedding, dan lain sebagainya.

Selain fotografi, hobi lain yang bisa menghasilkan uang, seperti menari, memasak, melukis, dan lain sebagainya. Bila Anda memiliki keinginan untuk menjadikan hobi sebagai lahan bisnis, maka simak tips berikut ini yang dicuplik dari Perencanakeuangan.com:

1. Luangkan waktu lebih banyak

Luangkanlah waktu lebih banyak untuk mendalami hobi Anda tersebut. Bila rajin berlatih dan mendalami hobi tersebut, maka dapat meningkatkan hasil karya yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Apalagi bila ada banyak orang yang menekuni hobi yang sama dengan Anda, maka Anda harus mempunyai nilai lebih dari yang lainnya. Namun, perlu diingat juga bahwa bila hobi tersebut terlalu sering dilakukan terkadang malah menjadi bosan untuk melakukannya kembali. Untuk itu, lakukanlah secara bertahap saja.

2. Perdalam pengetahuan Anda

Tambah terus pengetahuan Anda dengan mengikuti kursus, seminar, atau pelatihan yang berhubungan dengan hobi. Ketika mengikuti kegiatan tersebut, biasanya Anda akan mendapat sebuah sertifikat yang nantinya akan berguna untuk menaikkan prestise dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Bila hal itu terjadi, maka nilai jual hasil karya Anda akan meningkat. Selain itu cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memperdalam pengetahuan mengenai hobi yaitu membaca buku, majalah, dan media informasi lainnya.

3. Belajar langsung

Setelah pengetahuan bertambah dan yakin ingin mempelajari hobi secara mendalam, Anda bisa langsung berlatih. Berlatihlah dengan mengikuti sebuah komunitas untuk mendapatkan pengalaman yang mungkin belum pernah Anda dapatkan sebelumnya dan untuk meningkatkan motivasi Anda dalam berbisnis. Dengan mengikuti komunitas tersebut, Anda bisa belajar langsung dari orang lain bahkan ahlinya sekalipun.

Bergabung dengan mereka juga bisa mengukur sampai mana kemampuan yang Anda miliki dan bagaimana kualitasnya. Usahakan juga untuk aktif mengikuti kegiatan yang ada di komunitas tersebut agar dapat memperluas jaringan, meningkatkan peluang mendapatkan calon pelanggan, memperoleh promosi gratis mengenai bisnis Anda, dan lain sebagainya.

4. Tawarkan hasil ke tempat lain

Bila sudah mantap dengan hobi yang dijalani dan berniat untuk dijadikan bisnis, maka tawarilah kerabat dekat Anda agar mau memakai jasa atau membeli barang hasil karya Anda sendiri. Jadikanlah orang-orang terdekat sebagai konsumen awal dan bila perlu beri ia diskon.

Segala sesuatu yang Anda sukai tentunya akan bisa membuahkan hasil yang baik dan memuaskan asalkan ada tekad dan niat yang kuat. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini