CiriCara: Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Awet

by
September 7th, 2012 at 4:54 pm

CiriCara.com – Barang-barang fashion yang terbuat dari kulit sangat memerlukan perawatan ekstra, khususnya jaket kulit. Jaket merupakan pakaian terluar yang difungsikan sebagai pelindung tubuh, untuk itulah jaket menjadi busana yang paling sering dipakai orang pada saat cuaca panas maupun dingin.

Untuk Anda yang gemar memakai barang fashion yang terbuat dari kulit, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar jaket kulit kesayangan Anda tidak cepat rusak. Berikut tipsnya:

1. Jangan dicuci dengan detergen

Detergen merupakan bahan yang mengandung zat adiktif. Bila jaket kulit dicuci dengan detergen, maka akan rapuh dan kering. Untuk mencucinya, cukup dilap saja dengan kain basah kemudian biarkan kering. Namun, jangan mengeringkannya di bawah terik matahari.

2. Jangan menggunakannya pada waktu hujan

Jaket kulit mampu melindungi tubuh dari cuaca yang dingin, namun jangan menggunakannya pada waktu hujan. Kondisi lembap dapat menyebabkan jamur dan bau yang kurang sedap serta menimbulkan bercak-bercak putih di jaket Anda. Bila sudah terlanjur kena air hujan, maka segera keringkan di depan kipas angin.

3. Oleskan losion

Jaket kulit sama halnya seperti kulit manusia yaitu perlu dirawat dengan memakai losion. Oleskan losion pada jaket dengan kapas atau tisu secara rutin. Caranya, oleskan losion pada jaket kulit dan biarkan selama 1 jam. Lalu, bersihkan dengan tisu atau kain halus. Lakukan seminggu sekali agar jaket kulit Anda tetap awet.

4. Jangan menyemprotkan parfum

Parfum mengandung bahan kimia yang dapat merusak jaket kulit. Bila jaket sudah menimbulkan bau yang tidak sedap, maka lebih baik dioleskan saja dengan losion seperti cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

5. Gantungkan jaket

Setelah memakai, sebaiknya jaket digantung agar tidak kusut. Hindari untuk melipat jaket kulit karena akan menimbulkan bekas lipatan yang menjadi tidak enak dilihat.

Beberapa cara di atas juga bisa dilakukan untuk barang lain yang berbahan dasar kulit, seperti tas, sepatu, dan lain sebagainya. Dengan melakukan cara tersebut, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli jaket kulit yang baru. (NR)

Comment di sini