Jokowi Manfaatkan Skype Untuk Komunikasi dengan Warga Jakarta

by
September 7th, 2012 at 10:17 am

Atjehpost

Jakarta (CiriCara.com)Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, Walikota Solo yang juga merupakan Calon Gubernur DKI Jakarta menggunakan Skype untuk berkomunikasi dengan warga Jakarta.

Ide menggunakan Skype untuk berkomunikasi ini muncul dari Jokowi sendiri mengingat kesibukannya sebagai Walikota Solo yang tidak bisa ditinggalkan. Cuti yang diambil Sang Walikota Solo ini telah habis sehingga ia hanya bisa menemui warga Jakarta pada akhir pekan saja.

Seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, Boy Sadikin, ketua tim kampanye Jokowi-Ahok, membenarkan adanya kampanye yang dilakukan dari jarak jauh ini. Skype sendiri adalah program messenger dan video chat yang bisa diunduh gratis dari internet menggunakan teknologi peer to peer (P2P).

Komunikasi jarak jauh Jokowi dan warga Jakarta ini sudah berlangsung hampir enam kali selama sebulan dengan durasi 40 menit per dialog sekali sehari. Melalui komunikasi tatap muka jarak jauh ini, dialog yang dilakukan lewat Skype membahas tentang keluhan warga Jakarta tentang masalah sehari-hari.

“Modalnya kan cuma laptop, modem, kalau perlu pakai layar proyektor. Mudah kok,” kata Jokowi kepada wartawan seperti dikabarkan Timlo.net.

Dialog menggunakan kemajuan teknologi komunikasi via internet ini dilakukan di daerah Kebon Jeruk dan Menteng Trenggulung yang dianggap sebagai daerah basis pendukung lawan, pasangan Foke-Nara. Di kedua titik ini, para relawan menghadirkan infocus, lengkap dengan layar besar.

Boy menutup, jadwal komunikasi lewat Skype ini bisa di hari biasa atau akhir pekan, tergantung pada waktu luang yang dimiliki oleh Jokowi.

Jokowi bersama pendampingnya Basuki dengan dibantu oleh tim sukses dan relawan memang berusaha memanfaatkan teknologi modern semaksimal mungkin dalam kampanye menuju Pilkada DKI putaran 2. Sebelum Pilkada putaran 1 digelar, mereka juga sudah rajin menggunakan teknologi terutama media sosial Facebook dan Twitter untuk mengkomunikasikan program-program dan meraih dukungan. (RN)

Comment di sini