Waduh! Bubble Tea Ternyata Berbahaya?

by
September 7th, 2012 at 2:33 pm

CiriCara.com – Belakangan ini marak sekali minuman blended ice tea atau coffe yang dicampur dengan bubble hitam. Hampir di setiap mal pasti ada minuman seperti ini. Namun, menurut ahli kesehatan di Jerman, ternyata minuman bubble tea itu berbahaya.

Otoritas kesehatan Jerman dan peneliti di negara setempat telah melakukan penelitian terkait minuman bubble tea. Ternyata, bubble atau bola-bola kecil berwarna hitam yang ditambahkan ke minuman coffe atau ice tea itu mengandung bahan tapioka asal Taiwan. Bahan tersebut bersifat karsinogen (racun).

Seperti dilansir Zeenews, penelitian terbaru dari peneliti University Hospital Aachen menunjukkan bahwa bubble (bola-bola kecil) dalam minuman teh tersebut mengandung polychlorinated biphenyls (PCBs), seperti stirena, asetofenon, dan zat brominated.

Menurut peneliti sekaligus ilmuwan Manfred Moller, sebenarnya zat stirena, asetofenon, dan zat brominated tidak boleh dimasukkan ke dalam makanan sedikitpun. Karena zat-zat tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

PCBs yang terdapat dalam makanan bisa menyebabkan kanker dan mengganggu sistem kekebalan tubuh, sistem reproduksi, sistem saraf, dan sistem endokrin, bahkan resiko tersedak pada anak-anak. Umumnya, zat PCBs ini digunakan dalam peralatan listrik hidrolik, dan pelumas. Jadi, PCBs bukan untuk makanan.

Selain bubble dari Taiwan, kasus zat PCBs juga pernah ditemukan dalam bahan makanan lainnya. Bahan makanan seperti ikan, daging, dan produk susu yang terkontaminasi bahan kimia juga pernah ditemukan mengandung zat PCBs.

Meski belum terbukti terjadi juga di Indonesia, tidak ada salahnya Anda waspada. Daripada membeli, ada baiknya membuat varian minuman sendiri di rumah. Selain lebih aman dan alami, ini juga bisa jadi peluang usaha untuk Anda. (YG)

Comment di sini