Tips Mencuci Motor di Rumah

by
September 8th, 2012 at 9:54 am

CiriCara.com – Pada saat musim hujan, kondisi motor tentunya akan terlihat kotor dengan tanah dan air yang berlumpur. Hal ini terkadang membuat pengendaranya tidak nyaman untuk memakainya.

Jika kondisi motor kotor, maka bisa  membuat bagian-bagian motor cepat rusak, seperti dapat mengakibatkan rantai menjadi lebih cepat haus dan menimbulkan karat karena banyaknya kotoran yang menumpuk.

Agar keseluruhan bagian motor terlihat bersih dan motor bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang, maka Anda harus rajin mencucinya. Mencuci motor bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau membawanya ke tempat pencucian motor.

Bila membawanya ke tempat pencucian motor, maka Anda perlu mengeluarkan uang. Untuk sedikit berhemat, sebaiknya cucilah di rumah. Namun, mencuci motor di rumah harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Air yang dipakai

Air merupakan media utama dalam proses pencucian motor. Perhatikan kondisi air yang dipakai, hindari memakai air yang terlihat keruh atau kotor, seperti air kali, air sungai, dan air kolam yang keruh. Air yang keruh tersebut mengandung kotoran walaupun tidak terlihat oleh mata Anda. Jika air keruh atau kotor tersebut Anda gunakan, maka motor Anda tidak menjadi bersih. Selain itu, bodi motor akan menjadi kusam dan mesin menjadi cepat rusak.

2. Kain pembersih

Bila mencuci motor di rumah, maka harus memperhatikan peralatan yang dipakai, seperti kain pembersih. Kain yang digunakan harus kain yang halus agar tidak menimbulkan bodi motor lecet. Sediakan dua kain lap atau kanebo, pertama digunakan untuk mengelap bagian yang halus seperti bodi, tangki, dan mika lampu dan yang kedua digunakan untuk mengelap bagian velg, ban, mesin, dan lain-lain.

Pada saat mencuci, usahakan kain atau kanebo tersebut tidak tertukar, gunanya untuk menjaga bagian yang halus (bodi, tangki, lampu) tidak lecet. Selain kain pembersih, alat lain yang harus disediakan, antara lain ember, selang air, sikat, dan sabun.

3. Sabun

Sabun yang dipakai juga harus diperhatikan. Hindari memakai sabun colek atau sabun mandi karena mengandung zat aditif yang bisa membuat motor tampak kusam. Untuk mencuci kendaraan, sabun yang digunakan haruslah sabun khusus pencuci kendaraan. Gunanya untuk melindungi bodi motor agar tidak terlihat kusam.

4. Cara mencuci

Mencuci motor yang benar dimulai dari bagian bawah ke atas, mulailah dengan membasahi seluruh permukaan motor, lalu menggosok bagian kaki-kaki dan bagian mesin dan setelah itu, bagian bodi atau tangki dan lampu. Untuk proses pengeringan, dimulai dari bagian atas lalu ke bagian bawah. Tujuannya adalah agar bagian yang sudah kering tidak terkena air lagi sewaktu mengelap bagian atas.

Bila ban motor ingin terlihat mengkilap, cara yang dapat dilakukan yaitu menyemirnya dengan memakai semir ban atau alternatif lain yaitu dengan minuman yang mengandung soda. Caranya, tuangkan minuman tersebut ke ban motor Anda, lalu oleskan dengan menggunakan kuas atau kanvas besar. Hasilnya cukup mengkilap hingga satu minggu ke depan bila tidak terkena hujan. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini