Ada Gambar Yesus di Buku Panduan Haji

by
September 10th, 2012 at 1:21 pm

 

Ilustrasi


Bengkulu (CiriCara.com) – Sejumlah calon haji yang hendak melakukan Manasik Haji di Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu terkejut dengan buku panduan haji yang aneh. Pasalnya, dalam buku tersebut terdapat gambar Yesus di salah satu halamannya.

Gambar Yesus di buku panduan haji itu pertama kali ditemukan oleh salah satu peserta Manasik bernama Yusrati. Menurutnya, gambar tersebut memperlihatkan gambar Yesus yang sedang menggembala domba.

“Di buku panduan haji ada gambarnya Yesus sedang menggembala domba,” tutur Yusrati seperti dikutip Tempo, Senin (10/9/2012).

Yusrati menduga gambar tersebut ada pada buku panduan haji karena disengaja. Menurutnya, tidak mungkin gambar seperti itu ada di buku panduan haji secara tiba-tiba. “Tidak mungkin gambar ini muncul tiba-tiba,” ujarnya.

Menurut Yusrati, semestinya buku panduan haji itu hanya berisi doa, dzikir, dan tanya jawab seputar manasik haji dan umrah saja. Namun, ternyata ada salah satu halaman yang dilampiri foto Yesus. Di situ terlihat jelas gambar Yesus sedang menggembala seekor domba. Di bawah gambar tersebut tertulis “Yesus dan gembala yang baik”.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Bengkulu, Efendi Joni, buku panduan haji tersebut didapat dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Efendi menuturkan, pihaknya akan segera mengembalikan buku tersebut ke badan terkait tersebut untuk diselidiki lebih lanjut. Terkait dengan penemuan buku panduan haji bergambar Yesus ini, Efendi mengaku khawatir bisa memicu konflik antar-agama.

Berdasarkan hasil pengecekan, dari 280 buku panduan haji yang telah dibagikan kepada peserta manasik, hanya ada satu buku panduan yang bergambar Yesus. Efendi berharap agar temuan buku panduan haji bergambar Yesus ini tidak akan memunculkan konflik di masyarakat. (YG)

Comment di sini